Batasi Plastik, Alfamart Dukung Program Antik Pemkab Bogor

JABARNEWS | BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor keluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Bogor Nomor 13 Tahun 2019 tentang pengurangan penggunaan plastik dan styrofoam resmi diterapkan 17 Agustus. Dilansir situs resmi Pemerintah Kabupaten Bogor, aturan itu diterapkan melalui program Asri Tanpa Plastik (Antik).

Perusahaan ritel, Alfamart mendukung larangan penggunaan kantong plastik yang baru diberlakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat dalam program Asri Tanpa Plastik (Antik). Senin (26/8/2019).

Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman, mengatakan bahwa salah satu dukungan itu dilakukan melalui gerakan ‘Bersihin Indonesia’ di area Car Free Day Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (25/8/2019).

Baca Juga:  Produksi Sampah di Cianjur Meningkat, Herman Suherman Tegaskan Hal Ini

“Dilaksanakan serentak di 15 kota lain. Gerakan ini merupakan salah satu kegiatan Alfamart pada ulang tahun yang ke-20 melalui tema #20thAlfamartUntukIndonesia,” ujarnya.

Beragam aktivitas yang dilakukan pada acara Bebersih Indonesia itu antara lain pemungutan sampah oleh pasukan merah Alfamart, penukaran kantong plastik yang dibawa masyarakat dengan tas belanja go green gratis, kemudian mengedukasi masyarakat dampak negatif pemakaian kantong plastik.

Baca Juga:  Bicara Trend Kripto 2023, Kadin Aset Digital: Korporasi Berbondong-bondong Masuk ke Kripto

“Sengaja dilakukan di CFD GOR Pakansari, Kabupaten Bogor supaya bisa mendapat perhatian dari masyarakat banyak sekaligus dan bisa kampanye langsung soal efek negatif dari kebiasaaan masyarakat yang akrab sekali terhadap plastik,” kata Nur Rachman.

Selain itu, ada pula pawai poster bertuliskan ajakan untuk mulai hidup tanpa plastik dalam aktivitas sehari-hari.

Menurutnya masyarakat antusias, dilihat dari banyaknya yang menukarkan kantong plastik yang dibawa dengan tas belanja go green Alfamart.

Baca Juga:  Dinsos Tasik Tak Miliki Selter Untuk Orang Gila

Di samping itu, menurut Nur Rachman, Alfamart tidak lagi memberikan secara gratis kantong plastik mulai 1 Maret 2019. Tujuannya, untuk mengurangi sampah plastik dan masyarakat beralih menggunakan tas belanja ulang pakai yang lebih ramah lingkungan.

“Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk peduli menjaga kelestarian lingkungan, dan semoga yang dilakukan Alfamart ini sedikit banyak bisa menyadarkan masyarakat,” tuturnya. (Ara)



Jabar News | Berita Jawa Barat