aqua

Pemkot Bandung Nyatakan Gang Apandi Jadi Status Quo

Persoalan tersebut terjadi setelah ada pembongkaran 27 rumah yang berdiri di atas lahan milik Josafat Winata.

Gang Apandi yang terletak di Jalan Braga Kota Bandung. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Jalan Braga terkenal dengan bangunan-bangunan haritage-nya. Di antara bangunan itu terselip gang yang menyerupai lorong. Gang yang memiliki lebar tiga meter tersebut diberi nama Gang Apandi.

Gang Apandi sudah menjadi akses jalan warga sejak 1918 dan termasuk kategori lahan cagar budaya. Gang Apandi yang terletak di Kelurahan Braga, Kota Bandung kini dinyatakan status quo. Keputusan itu diambil setelah dilakukan rapat koordinasi sengketa Gang Apandi yang dipimpin Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Jumat (13/9/2019).



"Setelah melakukan perundingan dengan berbagai pihak yang terkait antara lain dari pihak pemilik lahan, warga dan juga pakar cagar budaya, maka diputuskan lahan tersebut status quo dan diperlakukan seperti sekarang yakni menjadi akses jalan umum," tuturnya kepada media di Balai Kota Bandung, Jumat (13/9/2019).

Pihaknya juga mengakui memang ada Hak Guna Bangunan (HGB) dari lahan tersebut, namun dari fungsinya sudah sejak awal ada dijadikan sebagai lahan umum.

"Di sini kita tidak membela siapa yang salah atau benar, namun lebih kepada mencari solusi yang terbaik bagi kepentingan banyak orang," kata Yana.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Status Quo Gang Apandi Jalan Braga Cagar Budaya Bandung Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi