Polres Purwakarta Gelar Doa Bersama Untuk Keselamatan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Banyaknya kecelakaan lalu lintas yang akhir-akhir ini terjadi di ruas Tol Purbaleunyi mengundang keperihatinan dari berbagai pihak dan mendorong masyarakat untuk menggelar acara doa bersama.

Keperihatinan ditunjukan Polres Purwakarta dengan menggelar doa bersama beserta intansi terkait dan merangkul tokoh agama dan masyarakat yang digelar Masjid Al-Mi’raz rest area kilometer 97 jalur B arah Bandung menuju Jakarta yang menjadi titik rawan kecelakaan lalu lintas, pada Jumat (13/9/2019).

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius, mengungkapkan, kecelakaan lalu lintas sering terjadi di jalur B kilometer 100-90, kontur jalan menurun dan terdapat belokan membuat kecelakaan sering terjadi, disampingi para pengendara kurang memperhatikan rambu-rambu lalu lintas.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Industri Yang Beroperasi Saat PPKM Darurat Harus Miliki Izin IOMKI

“Data yang berhasil kami terima kecelakaan telah terjadi sebanyak 21 kasus di ruas Tol Purbaleunyi selama 2019. Kasus kecelakaan sering terjadi dari kilometer 80 sampai kilometer 100,” kata Matrius, saat ditemui usai kegiatan doa bersama.

Faktor penyebab kecelakaan itu terjadi cukup beragam, mulai dari pengemudi kurang memperhatikan kecepatan kendaraan, gagal fungsi rem kendaraan dan pelanggaran lain, semisal kelebihan muatan (overload).

Baca Juga:  Sekolah Di Ciamis Harus Patuhi Sistem Zonasi Kemendikbud

“Yang paling banyak terlibat kecelakaan kendaraan pribadi dan angkutan barang. Kedua kendaraan itu sering kali terlibat kecelakaan di ruas Tol Purbaleunyi ini, terutama jalur B arah Bandung menuju Jakarta,” kata Kapolres.

Dengan doa bersama ini digelar, Kapolres mengharapkan kecelakaan tidak kembali terulang.

“Ini merupakan bentuk ikhtiar dari kami masyarakat untuk mendoakan keselamatan bangsa dan keselamatan penggunaan jalan raya yang melintas. kita juga doakan semoga korban kecelakaan kemarin mendapat tempat di sisi Allah SWT,” ujar dia.

Baca Juga:  Budi Karya Sumadi Tinjau Pembangunan Terminal Bus Harjamukti Cirebon

Selain doa bersama, Polres Purwakarta juga menyediakan stand pengobatan gratis. Serangkaian acara ditutup dengan memberikan santunan kepada puluhan anak yatim.

“Kita undang juga masyarakat sekitar dan beberapa anak yatim piatu untuk berdoa bersama-sama agar Kamtibmas di Purwakarta selalu dalam keadaan kondusif. Manusia hanya bisa berusaha, namun Tuhan yang menentukan. Dengan doa bersama ini semoga semua pengguna jalan khususnya warga Purwakarta di berikan keselamatan dan terhindar dari korban kecelakaan.” pungkasnya. (Gin)