bjb

Manggala Garuda Putih: Ada Banyak Manfaat Dalam Pencak Silat

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius saat memberikan piagam penghargaan kepada DPC Manggala Garuda Putih Kabupaten Purwakarta, Ramdan Juniar, Sabtu (14/9/2019). (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, ungkapan itu cocok disematkan pada kegiatan bela diri pencak silat. Pasalnya ada banyak manfaat yang didapat, bukan sekadar olahraga dan mempelajari ilmu bela diri, tapi juga hal lainnya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Manggala Garuda Putih Kabupaten Purwakarta, Ramdan Juniar mengatakan, pencak silat tidak hanya sekadar mengolah sisi jasmani, tetapi juga melatih rohani. Ada pendidikan karakter dan keagamaan.

Baca Juga:

Kasat Lantas Polres Purwakarta: Pelajar Di Bawah Umur Jangan Kendarai Motor

Operasi Patuh Terpadu 2019 Di Purwakarta, Puluhan Pengendara Terjaring



"Setiap tatanan gerakan pencak silat, semuanya mengandung filosofi tersendiri," kata Ramdan, saat ditemui ditengah acara Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat Kapolres Purwakarta Cup di Aula Guru Linuhung Dinas Pendidikan kabupaten, pada Sabtu (14/9/2019).

Ramdan menjelaskan, gerakan yang dimaksut yaitu dimulai dari awal latihan, sudah diawali dengan berdoa. Itu bukti penyerahan diri kepada sang Pencipta. Kemudian melakukan pemanasan sebelum latihan yang dipimpin oleh pelatih, itu merupakan pola pendidikan kepemimpinan. Sedangkan penghormatan kepada pelatih, itu adalah pendidikan tatakrama dan kesopanan.
Halaman selanjutnya
Tags : Bela Diri Pencak Silat Polres Purwakarta DPC Manggala Garuda Putih Purwakarta Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Pasanggiri Seni Ibing

berita terkait

SEREMONIA







Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi