Bentuk Apresiasi, Pimpinan JMN serahkan Karikatur kepada Kapolres

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pimpinan Jabar Media Network (JMN), Riana A. Wangsadiredja menyerahkan karikatur kepada Kapolres Purwakarta AKBP Matrius saat membuka acara Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat Kapolres Purwakarta Cup, di Aula Guru Linuhung, Dinas Pendidikan kabupaten, pada Sabtu (14/9/2019).

Penyerahkan karikatur tersebut sebagai wujud apresiasi, pasalnya Kapolres Purwakarta beserta jajarannya dinilai ikut berperan dalam memfasilitasi serta menumbuhkan kembali minat anak-anak Purwakarta tentang seni bela diri pencak silat.

Baca Juga:  Pemerintah Lakukan Pengawasan Tertib Niaga Minuman Beralkohol Di Purwakarta

“Kegiatan Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat Kapolres Purwakarta Cup diprakasai pak Kapolres, dan ini merupakan wujud kepedulian beliau kepada anak-anak di Purwakarta untuk lebih mengenal budaya leluhur kita, salah satunya pencak silat,” kata pria yang akrab disapa Kang Riana tersebut.

Saat ini ujar Kang Riana, tak sedikit generasi milenial lebih memilih aktivitas lain yang mengikuti tren yang belum tentu bermanfaat, dibanding harus mempelajari seni pencak silat tradisional.

Baca Juga:  Tol Cikampek Mulai Padat Merayap

Padahal, di tangan mereka lah tradisi dan budaya bangsa dapat terus hidup juga berkembang, menjadi salah satu yang membanggakan, baik di mata masyarakatnya sendiri maupun dunia.

Pasanggiri yang di gelar Kapolres Purwakarta ini sangat sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945. Dimana kewajiban warga negara untuk memajukan kebudayaan tertuang dalam batang tubuh UUD 1945 pasal 32 ayat 1. Isi pasal tersebut dapat dipahami sebagai pernyataan kewajiban sebuah negara melalui pemerintahnya wajib memajukan kebudayaannya.

Baca Juga:  Tingkatkan Ekonomi, Japfa Foundation Selesaikan Program BUN Batch 1

“Sebagai anak muda dengan nasionalisme yang tinggi, tidak ada salahnya mengenal pencak silat di zaman modern. Mudah-mudahan Pasanggiri Pencak Silat Kapolres Purwakarta Cup ini bisa secara rutin diselenggarakan setiap tahun,” harapnya. (Gin/Zal)