bjb

Perkemahan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Lahirkan Pramuka Tangguh

Ratusan anggota Pramuka dari Madrasah Aliyah Negri (MAN) Purwakarta gelar perkemahan di Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Sabtu (14/9/2019). (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Kegiatan Kepramukaan akan melahirkan putra dan putri bangsa yang tangguh dan memiliki jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab.

Hal ini dikatakan Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi melalui Wakil Komandan Batalyon (Wadanyon) Armed 9, Kapten Arm I Gede Satria Bandem Purwakarta, saat memberikan pembekalan dalam rangka acara pembukaan Perkemahan Program Blok dan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwakarta tahun 2019.

“Dalam kepramukaan penerimaan tamu ambalan (PTA) adalah kegiatan wajib bagi siswa siswi baru, untuk melakukan pindah tingkatan dari Penggalang ke Penegak dan tentu saja tujuan dilaksanakannya kegiatan PTA ini antara lain untuk menarik minat pelajar dalam ekstra kurikuler pramuka,” kata Wadanyon, Sabtu (14/9/2019).

Selain itu, Wadanyon juga menambahkan perkemahan ini juga untuk memperdalam wawasan maupun pengetahuan pelajar tentang kepramukaan dan menanamkan nilai-nilai yang terkandung pada Tri Satya dan Dasa Dharma, serta wawasan tentang cinta tanah air.

"Perkemahan ini sebagai bentuk dari pendidikan karakter yang merupakan program dari Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad dan bagian dari Kurikulum MAN Purwakarta sebagai sekolah yang mencetak Sumber Daya Manusia yang memiliki karakter yang lebih baik dari sekolah lainnya," ujarnya.

Baca Juga:

Kodim 0619 Purwakarta Gelar Binter Pemantapan Saka Wira Kartika

Gabungan Anggota Pramuka Purwakarta Tampil di Penutupan TMMD

Dalam wadah ini, lanjut I Gede, para pemuda yang tergabung dalam Pramuka Penegak, ditempa rasa kecintaannya kepada tanah air, semangat rela berkorban dan kesadaran Bela Negaranya. TNI AD dari Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad ini akan membekali para pemuda dengan pengetahuan dan keterampilan.

Kemitraan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad dengan gerakan Pramuka merupakan salah satu langkah yang sangat strategis untuk menangkal pengaruh buruk modernisasi di kalangan pemuda. Penyakit sosial seperti radikalisme, menguatnya paham hedonisme dan individualisme serta penyebaran narkoba merupakan beberapa contoh pengaruh buruk modernisasi yang berpotensi merusak generasi muda dan pada akhirnya menghancurkan bangsa Indonesia.

“Pramuka menjadi pintu masuk bagi TNI AD dari Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad untuk membangun benteng yang kokoh di dalam diri para pemuda, sehingga mampu menghalau berbagai pengaruh negatif. Lakukan tugas kalian sebagai anak pramuka yang menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila," tegasnya.

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 401 pelajar yang terdiri dari peserta dan panitia MAN Purwakarta, dilaksanakan selama 3 hari terhitung mulai dari tanggal 13 hingga 17 September 2019, di Lapangan Tembak Yonarmed 9/2/1 Kostrad. (Gin)


Tags : Yonarmed 9/2/1 Kostrad Anggota Pramuka Pramuka Purwakarta Bumi Perkemahan MAN Purwakarta Pramuka Tangguh Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini I Gede Satria Bandem

berita terkait

Kemah Berkarakter di Markas Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi