Katon Tourism Expo 2019 Akan Eksplor Pariwisata Ciayumajakuning

JABARNEWS | CIREBON – Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan potensi pariwisata. Seperti dilakukan Pemerintah Kabupaten Cirebon, dalam upaya meningkatkan pengunjung atau wisatawan, Pemkab menggelar pameran pariwisata bertaraf nasional, yang dikemas dalam Katon Tourism Expo tahun 2019.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, menyatakan event Katon Tourism Expo 2019 dapat mempromosikan beragam potensi parawisata wilayah Ciayumajakuning (Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan).

“Inilah salah satu bentuk inovasi dan kolaborasi oleh berbagai komponen dalam bidang Pariwisata,” ucap Uu saat menghadiri Gala Dinner bersama ASPPI Wilayah III Jabar di Ballroom Patra Hotel Cirebon, Kabupaten Cirebon, Sabtu (14/9/2019).

Baca Juga:  2.200 Ekor Ayam Berikut Kandangnya Hangus Terbakar

Menurut Uu, event yang digagas oleh Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Wilayah III Jawa Barat dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon tersebut dapat mendongkrak kepariwisataan Jabar.

Uu juga menyatakan, Ciayumajakuning memiliki sejumlah destinasi wisata sejarah. Baik sejarah berdirinya bangsa Indonesia maupun sejarah penyebaran agara Islam di Tanah Pasundan. Selain itu, kata dia, Ciayumajakuning memiliki panorama yang indah dan kaya akan budaya.

“Cirebon kawasan bersejarah, khususnya dalam perkembangan Islam di wilayah Jawa Barat. Bahkan ada batik paling terkenal, khas Cirebon, yakni Megamendung, maka pariwisata Ciayumajakuning harus diperkenalkan,” kata Uu.

Baca Juga:  Info Penting Soal Penyaluran THR ASN, TNI, dan Polri dari Sri Mulyani

Wakil Ketua DPD ASPPI Jabar Krisna Rusiana menyebut, Katon Tourism Expo 2019 mempertemukan stakeholder kepariwisataan, yaitu Dinas Pariwisata, seller atau pengusaha dan agen perjalanan wisata yang menjadi mesin penggerak dunia bisnis pariwisata.

“Katon sendiri artinya terlihat, harapannya Cirebon tidak hanya terlihat, atau eksis di Jawa Barat, tapi juga di Indonesia, bahkan dunia,” jelas Krisna.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon Hartono mengatakan, Katon Tourism Expo 2019 merupakan event pameran nasional promosi wisata dengan berbagai rangkaian kegiatan, seperti bisnis meeting, fam trip dan hiburan. Dia pun optimistis Hartono optimistis event tersebut akan dihadiri wisatawan nasional maupun mancanegara.

Baca Juga:  Mengenal Ragam Jenis Ikan Molly Yang Populer

“Ini untuk memberikan kontribusi pengembangan promosi pariwisata dan pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya.

Katon Tourism Expo 2019 sendiri rencananya akan dihadiri pelaku wisata dari mancanegara, seperti India, Turki, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Katon Tourism Expo 2019 akan berlangsung pada tanggal 12 sampai 15 September 2019. (Red)