aqua

Waduh! Sejak Januari 2019 Obat Hepatitis C Dinyatakan Langka

Kemenkes didesak agar segera melakukan pengadaan obat yang biasa disebut Direct Acting Antiviral (DAA). Biayanya sekitar Rp18 juta untuk pengobatan selama 12 minggu.

Ilustrasi. (Net)

Edo menjelaskan, pihaknya bersama Ditjenpas melakukan gebrakan untuk skrining dan pengobatan Hepatitis C di tujuh Lapas dan Rutan di Jakarta. Sampai saat ini, dari 12.000 orang yang telah diskrining, dan 730 orang di antaranya membutuhkan pengobatan.

Hepatitis C sejak tahun 2012 telah dapat disembuhkan dengan mudah dan biaya yang cukup murah serta tingkat kesembuhan yang tinggi, yaitu di atas 96 persen. Obat ini dikenal dengan nama Direct Acting Antiviral atau lebih dikenal dengan nama DAA. Biaya untuk obat DAA saat ini di Indonesia sekitar Rp18 juta untuk pengobatan selama 12 minggu.

Baca Juga:

Sah, Batas Tarif Tertinggi Tes Swab Rp900 Ribu Mulai Berlaku

Tanyakan Kinerja Menteri Kesehatan Terawan, Najwa Shihab: Siap Mundur Pak?



Hal ini merupakan terobosan luar biasa dari obat Hepatitis C yang tersedia sebelumnya yaitu Pegylated Interferon yang tingkat kesembuhannya di bawah 60 persen. Efek samping yang berat dan biaya yang sangat mahal untuk satu tahun pengobatan.

Sedangkan biaya yang dibutuhkan untuk Pegylated Interferon sekitar Rp144 juta, itu belum termasuk biaya tes, diagnosa, dokter dan biaya-biaya lainnya seperti tes darah dan tes jenis virus.

Permasalahan Hepatitis C di Indonesia menurut dia saat ini cukup menjadi perhatian banyak kalangan. Prevalensi penduduk Indonesia yang terinfeksi Hepatitis C di Indonesia menurut penelitian Kememkes terakhir adalah sekitar 1,1 persen dari total penduduk Indonesia.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Hepatitis C Penyakit Hepatitis Jenis Penyakit Hepatitis Obat Hepatitis Langka Kementerian Kesehatan Pengadaan Obat Hepatitis Koalisi Satu Hati DPR RI Ditjenpas Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Ini Kabar Baik Soal Insentif Tenaga Kesehatan Covid-19

Kemenkes Sebut Obat Tradisional Tidak Bisa Sembuhkan COVID-19

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi