Inilah Bumdesa Juara Tingkat Kabupaten Purwakarta 2019

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta telah menetapkan Juara Lomba Bumdesa tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2019.

Adapun Bumdesa yang menjadi juara, yaitu Juara 1 Bumdesa Pangkalan Tandang, Juara 2 Bumdesa Panjunan Mandiri Sejahtera, Juara 3 Bumdesa Sugih Anugerah dan Juara Harapan 1 diraih Bumdesa Cimatra.

Hal tersebut diketahui saat acara pengumuman dan penyerahan hadiah Juara Lomba Bumdesa yang dilaksanakan di Aula Janaka, kompleks Pemkab Purwakarta, Selasa (17/9/2019).

“Dari 16 Bumdesa yang mengikuti lomba, ada 4 yang menjadi juara, dan berhak mendapatkan uang pembinaan serta piagam penghargaan,” kata Kepala DPMD Purwakarta melalui Kabid Pemberdayaan Ekonomi Desa, Asep Suparman.

Baca Juga:  Mendagri: 70 Persen PDAM Alami Kerugian

Asep mengungkapkan, tahun 2017, di 183 desa di Purwakarta seluruhnya memiliki Bumdesa. Setelah dilakukan monitoring, ada sekitar 80-an Bumdesa yang masih berjalan.

Namun dalam pelaksanaan lomba Bumdesa tingkat Kabupaten Purwakarta yang belum lama ini dilaksanakan, hanya 16 Bumdesa yang bisa mengikuti lomba.

“Secara administrasi hanya 16 Bumdesa yang bisa ikut lomba kemarin, dan terpilih 4 Bumdesa sebagai juara lomba,” kata Asep.

Secara keseluruhan ujar Asep, pihak DPMD Purwakarta mengapresiasi atas semangat, kinerja, dan prestasi yang telah dihasilkan oleh seluruh Bumdesa peserta lomba.

Asep juga mendorong kepada Bumdesa yang di Purwakarta untuk terus berkreasi dan melakukan inovasi untuk membina serta membantu masyarakat.

Baca Juga:  Langkah Strategis Pemkot Bogor Untuk Moda Transportasi Trem

“Bumdesa juga diharapkan dapat mewujudkan mimpi masyarakat yakni menuju kesejahteraan dan kemakmuran desa,” harap Asep.

Sementara itu, salah satu Juri Lomba Bumdesa tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2019, Riana A. Wangsadiredja menjelaskan, dalam lomba Bumdesa yang belum lama ini dilaksanakan, tim juri melakukan penilaian dari empat indikator dasar sebuah bisnis dijalankan.

Indikator tersebut yakni, aspek regulasi, aspek usaha/produktivitas, aspek manajemen/tata kelola, serta aspek pemberdayaan sebagai semangat pembentukan Bumdesa sesuai Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

“Dari perlombaan Bumdesa, para juri mendapatkan beberapa catatan penting bagi perbaikan dan peningkatan kegiatan bisnis Bumdesa-Bumdesa di Purwakarta, khususnya yang menjadi peserta Lomba Bumdesa tahun 2109,” jelas Riana.

Baca Juga:  Lagi, DPD Golkar Purwakarta Bagikan Paket Sembako

Adapun keputusan Juara Lomba Bumdesa tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2019, sesuai dengan Surat Keputusan Kepala DPMD Kabupaten Purwakarta Nomor 147/104/DPMD/2019.

“Kepada Bumdesa yang meraih Juara 1 berhak mewakili Kabupaten Purwakarta dalam Lomba Bumdesa tingkat Propinsi Jawa Barat tahun 2019,” ucap Riana. (Zal)

Inilah Bumdesa Juara Tingkat Kabupaten Purwakarta 2019:

1. Juara I, Bumdesa Pangkalan Tandang, Desa Pangkalan, Kecamatan Bojong.

2. Juara II, Bumdesa Panjunan Mandiri Sejahtera, Desa Anjun, Kecamatan Plered.

3. Juara III, Bumdesa Sugih Anugerah, Desa Cisaat, Kecamatan Campaka.

4. Juara Harapan I, Bumdesa Cimatra, Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur.