Istri Walikota Bogor Beri Kuliah Umum Ratusan Guru PAUD

JABARNEWS | BOGOR – Sebanyak 250 guru yang tergabung dalam Himpunan Pendidikan Usia Dini (Himpaudi) Kota Bogor diberikan kuliah umum oleh Istri Wali Kota Bogor, Yane Ardian Bima Arya, di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan (Unpak), Bogor, Rabu (18/9/2019).

Wanita yang juga merupakan bunda PAUD Kota Bogor itu memberikan materi mengenai pentingnya mengenal dan memahami empat karakter dasar manusia. Yane memaparkan masing-masing tipe karakter manusia seperti sanguinis, koleris, plegmatis, serta melankolis.

“Pemahaman empat karakter manusia ini akan membantu guru-guru PAUD untuk mengenal sekaligus mengarahkan dan membentuk karakter anak-anak ke arah yang lebih baik,” kata Yane usai pelatihan bertajuk “Guru Kreatif dengan Kepribadian yang Berkarakter” itu.

Baca Juga:  Setiawan Wangsaatmaja Pastikan Proses Vaksinasi di Jabar Aman Termasuk Sarana Penyimpanan

Sementara itu, Rektor Universitas Pakuan, Prof Bibin Rubini menyebutkan bahwa ada tiga hal penting yang wajib dimiliki masing-masing guru sebagai tenaga pendidik, yakni logika, etika dan estetika.

Dalam konteks etika, seorang guru wajib memiliki kepribadian yang baik agar dapat dijadikan contoh bagi peserta didik. Seorang guru juga dituntut untuk menjadi pribadi yang kreatif untuk mengasah potensi yang dimiliki oleh peserta didik.

“Seorang guru harus mampu berpikir secara logis untuk merangsang peserta didik dalam mengasah kemampuan akademik dan berpikir rasional. Para guru juga dituntut memiliki pengetahuan tentang etika dan estetika,” jelas Prof Bibin.

Sementara itu, Dekan FISIB Unpak yang juga merupakan Ketua Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (Hiski) Komisariat Bogor, Dr. Agnes Setyowati H., M.Hum menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara FISIB Unpak, Himpaudi Kota Bogor, dan Hiski Komisariat Bogor.

Baca Juga:  Banjir Terjang Sukabumi, Ini Pesan Ridwan Kamil Buat Kepala Daerah di Jabar

“Mereka (Guru PAUD) adalah role model yang memegang peran kunci bagi perkembangan anak-anak usia dini, seorang guru PAUD dituntut untuk selalu kreatif dan berkepribadian baik supaya dapat menciptakan generasi muda yang unggul, kreatif, dan berkarakter yang akan berdampak positif bagi kemajuan bangsa dan negara,” tuturnya.

Agnes menyebutkan bahwa kegiatan pelatihan kepada Guru PAUD merupakan bentuk realisasi pengabdian kepada masyarakat dan kerja sama yang dilakukan secara berkala antara FISIB UNPAK dengan HIMPAUDI Kota Bogor.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Tidak Ada Keramaian di Pilkada Serentak 2020

“FISIB Unpak memiliki perhatian yang sangat tinggi dalam mencetak sumber daya manusia yang tidak hanya kompeten secara akademik tetapi memiliki kepribadian yang baik. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini FISIB juga berupaya untuk menghasilkan generasi muda penerus bangsa yang unggul, mandiri, berkarakter, kreatif, profesional, dan humanis,” kata Agnes.

Pada pelatihan tersebut, para Guru PAUD juga mendapatkan pengetahuan mengenai kreativitas dan kepribadian dari Agung Komara, S.E., dan Dra. Agatha Trisari, M.Hum. Selain itu, ada pula, Ketua Himpaudi Kota Bogor, Srie Harmiasih, S.Pd. dan Ketua Perwakilan Wilayah Himpaudi Provinsi Jawa Barat, Dr. Rudianto, M.Pd memberikan materi. (Ara)