bjb

14 ODHA di Purwakarta Dapat Bantuan Nutrisi

Kader Yayasan Resik saat mendampingi ODHA yang menerima bantuan nutrisi. (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Sebanyak 14 orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Kabupaten Purwakarta menerima bantuan nutrisi dari Kementrian Sosial melalui loka rehabilitasi sosial ODHIV Kahuripan Sukabumi yang bekerja sama dengan Yayasan Resik Purwakarta. 

Direktur Yayasan Resik, Hasanuddin, ada 50 ODHA bantuan nutrisi ini yang tersebar di 4 Kabupaten. Untuk di Kabupaten Purwakarta ada 14 ODHA mendapatkan bantuan nutrisi.

"Bantuannya sebesar Rp 3 juta per orang yang dibagikan tiga tahap selama 3 bulan. Bantuan tersebut langsung disalurkan ke rekening masing-masing ODHA. Namun, untuk penggunaannya didampingi petugas pemdamping dari kader Yayasan Resik Purwakarta, supaya bisa dibelikan kebutuhan nutrisi dan tidak dibelikan kebutuhan yang lain," kata Hasan, saat ditemui di kantor Yayasan Resik, Jumat (20/9/2019).

Menurutnya, bagi orang-orang yang hidup dengan HIV/AIDS, nutrisi merupakan hal penting. Dia menambahkan, nutrisi membantu ketika terjadi perubahan kondisi tubuh, seperti penurunan berat badan dan infeksi yang datang sebagai akibat dari penyakit dan konsumsi obat-obatan.

“Nutrisi baik bagi ODHA untuk membantu mendorong kesehatan yang baik dan memberikan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Nutrisi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memungkinkan tubuh bisa lebih melawan penyakit. Gizi yang baik juga membantu dalam mencerna obat-obatan dan mengendalikan gejala yang datang dengan HIV,” jelasnya.

Bantuan nutrisi ini, tambah pria yang akarab disapa Hasan itu, karena di Kabupaten Purwakarta ini hampir 50 persen dari kurang lebih 600 ODHA yang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk sehari-harinya.
Baca Juga:

Pemkot Cimahi Temukan 443 Kasus ODHA Diantaranya 40 Orang Meninggal

Cegah Penularan HIV-AIDS, Yayasan Resik Sosialisasi Kepada Pelajar


"Saya berharap Pemerintah Kabupaten Purwakarta bisa memberikan bantuan nutrisi bagi ODHA yang kurang mampu, pasalnya untuk bantuan yang melalui Yayasan Resik Purwakarta kuotanya terbatas," ucap Hasan.

Terpisah, kader Yayasan Resik Purwakarta, Iin Badriah yang mendampingi 7 ODHA yang memperoleh bantuan nutrisi tersebut mengatakan, ketika seseorang terinfeksi HIV, konsumsi nutrisi itu sangat penting bagi ODHA, karena tubuh harus bekerja keras melawan infeksi yang berkembang. Hal tersebut merupakan akibat dari sistem kekebalan tubuh yang melemah.

“Bekerja ekstra ini akan menggunakan lebih banyak energi, sehingga membutuhkan mengonsumsi makanan yang lebih sehat daripada apa yang tubuh sebelumnya butuhkan,” jelas Iin.

Sementara itu, lanjut dia, makanan yang mengandung nutrisi dapat diperoleh dari asupan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Selain itu, orang dengan HIV juga membutuhkan makanan yang memberikan banyak energi seperti karbohidrat dan lemak.

"Tadi juga kita bimbing para ODHA yang mendapatkan bantuan nutrisi ini untuk belajan bahan-bahan yang mengandung nutrisi, seperti susu, telur, daging, buah, sayuran, cemilan sehat dan madu," ujarnya. (Gin)

Tags : ODHA Orang Dengan HIV/AIDS Yayasan Resik Kementerian Sosial Pemkab Purwakarta Nutrisi Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta

berita terkait

Jumlah Penderita HIV/AIDS Turun di Bogor

Tercatat 94 ODHA di Cianjur, Mayoritas Perilaku LSL

Dukungan AHF Berhenti, ODHA di Purwakarta Galau

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi