Si Jago Merah Mengamuk di Kampung Cipancur Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Si jago merah hanguskan sebuah rumah milik Dedeh Ratna Ningsih (50) di Kampung Cipancur RT 11/06 Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Sabtu (21/9/2019).

Menurut, Kepala Desa Mekarsari Sutisna kebakaran diduga berasal dari api di tungku yang menyambar gas LPG, kemudian api pun dengan cepat membesar dan membakar seluruh bagian rumah.

“Awalnya dari serabut kelapa (tapas) yang masih menyala di tungku, dan kebetulan posisinya berada di dapur dan menyambar gas LPG didekatnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Niat Bersilaturahmi, Mobil Ini Terperosok ke Jurang di Sukasari Purwakarta

Beruntung, lanjut Sutisna, kebakaran terjadi di siang hari sehingga dengan spontan warga disekitar pun bahu membahu memadamkan api dengan air dan alat seadanya sembari menunggu petugas pemadam kebakaran tiba dilokasi.

Diketahui, lokasi kebakaran berada dilingkungan padat penduduk sehingga jika proses pemadaman tidak dilakukan dengan cepat, dikhwatirkan api menjalar ke rumah disekitarnya.

“Yang dikhwatirkan api meluas ke rumah disekitarnya, tapi kebetulan saat itu banyak warga dan bergotong royong memadamkan api,” ungkapnya.

Baca Juga:  Dandim 0605 Bagi Bingkisan Kepada Veteran

Terpisah, Sekdes Mekarsari, Lilis Suarsih di lokasi kebakaran, saat kejadian pemilik rumah sedang belanja di warung tetangga tak jauh dari rumahnya selepas selsai masak.

“Baru selesai masak terus ke warung, tapi tahu-tahu api sudah terlihat tinggi dan membesar, di rumah sebenarnya ada anaknya tapi mungkin gak tau kalau di dapur sudah mulai terjadi kebakaran,” jelas Lilis.

Pasca kejadian, lanjut dia, pemilik rumah belum bisa dimintai keterangan akibat shock. Meski tidak mengakibatkan korban jiwa, namun ditaksir kerugian materi akibat kebakaran tersebut mencapai puluhan juta rupiah.

Baca Juga:  Ketua PWNU: NU Harus Netral Saat Kampanye

“Yang punya rumah masih shock belum bisa dimintai keterangan secara pasti, tapi alhamdulilah tidak ada korban jiwa. Kalau kerugian ya satu rumah saja habis terbakar, ” tetang Lilis.

Untuk memadamkan, lanjut dia, selang beberapa saat kebakaran dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan berhasil melakukan pemadaman dengan cepat.

“Ada dua mobil Damkar, 1 dari Poswil Plered dan Damkar PJB Cirata,” katanya. (Gin)