bjb

Seorang Pemuda di Purwakarta Diringkus Polisi karena Buat Laporan Palsu

Pemuda yang membuat laporan palsu kepada kepolisian tentang pembegalan yang terjadi di Desa Cigelam, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Seorang pemuda di Kabupaten Purwakarta diamankan polisi setempat karena telah membuat laporan palsu kepada kepolisian.

Pemuda tersebut diketahui bernama Moch Ichsan Taofik Fuadi (25) warga Kampung Bojong, RT 20/05 Kelurahan Nagri Kidul, Purwakarta.

Menurut Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, pemuda tersebut berpura-pura menjadi korban begal di sekitar jalan raya cikopak, Desa Cigelam, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta. 

"Dia (Ichsan.red) melapor ke Polres Purwakarta pada Kamis, 20 September 2019, pukul 22.00 Wib. Dalam laporannya dirinya telah menjadi korban pencurian dengan kekerasan di dekat pintu kereta api di wilayah Desa Cigelam, Kecamatan Babakancikao. Dengan kerugian materi Rp.18,5 juta," jelas Kapolres, saat dihubungi melalui selulernya, Sabtu (21/9/2019). 

Sebelum membuat laporan, lanjut Kapolres, Ichsan memposting kejadian yang dialaminya tersebut di media sosial Facebook, yang kemudian postingan tersebut ramai di WhatsApp grup. 

"Isi pesan berantai yang tersebar di WhatsApp grup tersebut membuat masyarakat Purwakarta resah," kata Kapolres.

Setelah membuat laporan ke petugas, lanjut Matrius, petugas  piket bersama pelapor langsung mendatangi TKP, dan melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi di lapangangan.
Baca Juga:

Begal Sadis Beraksi di Bekasi, Korban Alami Luka Bacok

Aksi Begal di Cianjur Sikat Tukang Ojeg Pengkolan


Namun, saat dilakukan olah TKP dan keterangan saksi, ternyata tidak ada kejadian tersebut.

Pada saat petugas yang merima laporan memberikan pertanyaan pelapor berubah-ubah. Dengan dilakukan pemeriksaan oleh Penyidik secara profesional, dan akhirnya pelapor mengakui bahwa semua keterangannya bohong.

"Jadi pelapor memberikan laporan palsu ke kami," kata Matrius. 

Saat ini, tambah dia, pembuat laporan palsu tersebut telah diamankan di Mapolres Purwakarta, untuk penyelidikan lebih lanjut. 

"Kita sudah amankan pemuda yang telah membuat laporan palsu tentang pembegalan yang terjadi di wilayah Kabupaten Purwakarta untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Jadi saya tekankan lagi begal yang ramai di medsos tersebut itu hoax," ucapnya. (Gin


Tags : Korban Begal Laporan Palsu Berita Hoax Polres Purwakarta Pemuda Diamankan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta

berita terkait

Adanya Surat Penyetaraan Pangkat TNI dengan PNS adalah Hoax

AJI Gelar Workshop Hoax Busting and Digital Hygine di 20 Kota

Informasi Pembuatan SIM Tanpa Tes adalah Hoax

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi