Satgas TMMD Purwakarta Bantu Pembangunan Rumah Warga

JABARNEWS | PURWAKARTA – Satgas TNI Manungal Membangun Desa (TMMD) dari Kodim 0619 Purwakarta membantu pembangunan rumah warga yang berada di lokasi pelaksanaan TMMD ke 106, Sabtu (21/9/2019).

Kegiatan tersebut merupakan Giat Binbakti jelang persiapan TMMD. Adapun rumah tersebut milik Carki (45) yang berada di Kampung Cisaat RT13, RW05 Desa Cisaat Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta.

“Tadi itu kebetulan pas saya liat ada warga yang lagi membangun rumah, makanya langsung saya bantu warga tersebut,” kata Serda Warnadi.

Serda Warnadi menuturkan, selain melaksanakan sasaran pekerjaan pokok TMMD, prajurit TNI dari Satgas TMMD juga diperintahkan untuk membantu warga. Membantu warga sudah menjadi bagian dari tugas prajurit TNI bukan hanya dalam pelaksanaan TMMD.

Baca Juga:  Peredaran Miras Marak, Bupati Bandung: Musnahkan Mental Pemabuk

“Prajurit TNI adalah bagian dari masyarakat, dan harus dekat dengan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Carki pemilik rumah mengucapkan terima kasih kepada prajurit TNI dari Kodim 0619 Purwakarta yang telah ikut membantu pembangunan rumahnya.

“Alhamdulillah tadi pak tentara (prajurit TNI) membantu membangun rumah saya, sehingga beberapa pekerjaan bisa selesai dengan cepat,” ucap Carki.

Carki pun mengaku senang, karena sebentar lagi jalan di desanya akan segera dibangun melalui program TMMD, sehingga akses jalan yang sebelumnya sulit ditempuh bisa menjadi lebih mudah untuk dilalui.

Baca Juga:  Terciduk Korban, Pelaku Curanmor Bersenpi Mainan Ditangkap Warga

“Terima kasih TNI karena sebentar lagi jalan di desa kami menjadi lebih baik,” ujarnya.

Seperti diketahui, TMMD ke 106 Kodim 0619 Purwakarta memiliki dua sasaran fisik, yaitu sasaran pokok dan sasaran tambahan.

Untuk sasaran pokok yaitu pembangunan rabat beton sepanjang 650 meter dengan lebar 4 meter dari Desa Cisaat ke Desa Ciparungsari. Kemudian pembuatan gorong-gorong dua unit dengan panjang 6 meter. Pembuatan saluran pasangan sepanjang 150 meter dan pembangunan tembok penahan tanah sepanjang 100 meter.

Baca Juga:  Waduh! Tenaga Honorer Kecamatan di Deli Serdang Cetak Uang Palsu

Untuk sasaran tambahan yaitu, rehab rutilahu sebanyak 5 unit, rehab musola dan melakukan rehab Pos Kamling.

Selain itu ada juga sasaran non fisik yang dilaksanakan di program TMMD diantaranya, sunatan massal, pelayana KB gratis, pengobatan massal, pembuatan KTP hingga kartu keluarga serta perpanjangan surat izin mengemudi (SIM).

Ada juga berbagai penyuluhan yang akan dilaksanakan, seperti penyuluhan bela negara, kesehatan, pertanian, hukum serta penyuluhan lainnya yang diperuntukan bagi pelajar dan orang dewasa di lokasi TMMD. (Adv)