aqua

Wow.. Inovasi Warga Bandung Ciptakan Pembakar Sampah Portabel

Alat ini baru direalisasikan pada bulan Agustus dengan masa ujicoba selama dua minggu.

Warga Kayuambon temukan inovasi pengolahan sampah. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Jika berbicara sampah pasti berkaitan dengan bagaimana mendaur ulang sampah agar bermanfaat dan bernilai jadi roda ekonomi tetap berjalan. Namun berkat ide kreatif warga Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat berhasil menangani persoalan sampah yang dihadapi manusia.

Berawal dari upaya untuk mengatasi tumpukan sampah yang berserakan di sejumlah lokasi, sekelompok warga RW 04 kemudian mencoba membuat mesin pembakar sampah portabel dan ramah lingkungan.

Baca Juga:

Pohon Besar Di Cicalengka Tumbang, Jalan Lumpuh Total

Jamu Persiwa, Persib Masih Upayakan Main Di GBLA



Ide membuat mesin pembakaran sampah ini telah muncul beberapa tahun lalu, namun baru direalisasikan pada bulan Agustus dengan masa ujicoba selama dua minggu.

Ketua RW 04 Yusuf Hidayat menyakini alat pembakar sampah portabel ini tidak akan menimbulkan polusi udara lantaran sudah melewati serangkaian ujicoba.

"Asap hasil pembakarannya sangat minim dan cocok digunakan untuk satu RT. Alatnya pun sudah dipasangi roda sehingga sampah bisa dibakar dimana saja, tanpa perlu lahan yang luas dan berbau kata Yusuf, Minggu (22/9/2019).
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Pengolahan Sampah Pembakar Sampah Portabel Bandung Dinas Lingkungan Hidup Pencemaran Samaph Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Bojan Terlambat Gabung Persib Karena Masalah Visa

Bojan Mulai Berlatih Bersama Punggawa Persib

Kadis Damkar Kabupaten Bekasi Akui Terima Rp 1 M Meikarta

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi