Wow.. Inovasi Warga Bandung Ciptakan Pembakar Sampah Portabel

JABARNEWS | BANDUNG – Jika berbicara sampah pasti berkaitan dengan bagaimana mendaur ulang sampah agar bermanfaat dan bernilai jadi roda ekonomi tetap berjalan. Namun berkat ide kreatif warga Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat berhasil menangani persoalan sampah yang dihadapi manusia.

Berawal dari upaya untuk mengatasi tumpukan sampah yang berserakan di sejumlah lokasi, sekelompok warga RW 04 kemudian mencoba membuat mesin pembakar sampah portabel dan ramah lingkungan.

Baca Juga:  Sebentar Lagi Bulan Ramadhan, Pahamilah 3 Hal Ini Dapat Menggugurkan Pahala Puasa

Ide membuat mesin pembakaran sampah ini telah muncul beberapa tahun lalu, namun baru direalisasikan pada bulan Agustus dengan masa ujicoba selama dua minggu.

Ketua RW 04 Yusuf Hidayat menyakini alat pembakar sampah portabel ini tidak akan menimbulkan polusi udara lantaran sudah melewati serangkaian ujicoba.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak, Anda ingin Memanjakan Diri Dalam Segala Hal Cancer

“Asap hasil pembakarannya sangat minim dan cocok digunakan untuk satu RT. Alatnya pun sudah dipasangi roda sehingga sampah bisa dibakar dimana saja, tanpa perlu lahan yang luas dan berbau kata Yusuf, Minggu (22/9/2019).

Ia mengatakan, mesin tersebut baru dimanfaatkan oleh warga kompleks di sekitar rumahnya. Berkat mesin tersebut, setidaknya bisa mengurangi dampak pencemaran sampah.

Baca Juga:  Indomie Goreng Ditemukan Berserakan di Bekas Markas Tentara Ukraina

Cara kerja mesin ini terbilang sederhana. Berbagai jenis sampah rumah tangga dimasukan dalam drum bekas sebagai tempat pembakaran sampah. Selanjutnya, drum ditutup dengan pelat besi yang disambungkan dengan vakum.

Lalu dibakar dengan bantuan listrik. Selama pembakaran kurang lebih 30 menit, akan keluar asap tipis dari pipa cerobong di bagian atas drum. (Red)