Viral Fenomena Langit Merah Darah di Jambi, Ini Penjelasannya

Hal ini disebabkan adanya hamburan sinar matahari oleh partikel mengapung di udara yg berukuran kecil (aerosol), dikenal dgn istilah hamburan mie (Mie Scattering)

Langit memerah di Jambi. (Foto: Head topic)

JABARNEWS | BANDUNG - Beberapa hari terakhir, warganet ramai membicarakan tentang langit di Muaro Jambi, Provinsi Jambi, yang berwarna merah. Tidak hanya itu, sinar matahari pun dikabarkan kesulitan untuk menembus awan daerah tersebut. Lalu apa yang sebenarnya terjadi?

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan ilmiah terkait peristiwa itu. Penjelasan disampaikan via akun Twitter @InfoHumasBMKG seperti dikutip CNBC Indonesia pada Senin (23/9/2019).

Baca Juga:

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Selasa, 29 Januari 2019

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Kamis, 31 Januari 2019



Menurut BMKG, hasil analisis citra satelit Himawari-8 tanggal 21 September di sekitar Muaro Jambi, menunjukkan terdapat banyak titik panas dan sebaran asap yang sangat tebal. Asap dari kebakaran hutan dan lahan ini berbeda dari daerah lain yang juga mengalami kebakaran.

Wilayah lain pada satelit tampak berwarna cokelat. Namun, menurut BMKG, di Muaro Jambi menunjukkan warna putih yang mengindikasikan bahwa lapisan asap sangat tebal. Hal ini dimungkinkan karena kebakaran lahan atau hutan yang terjadi di wilayah tersebut, terutama pada lahan-lahan gambut.

“Mengapa Langit Memerah? Jika ditinjau dari teori fisika atmosfer pada panjang gelombang sinar tampak, langit berwarna merah ini disebabkan adanya hamburan sinar matahari oleh partikel mengapung di udara yg berukuran kecil (aerosol), dikenal dgn istilah hamburan mie (Mie Scattering),” tulis @InfoHumasBMKG.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Langit Merah Jambi BMKG Penjelasan Ilmiah Langit Jambi Karhutla Mie Scattering Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Jumat, 1 Februari 2019

Prakiraan Cuaca Jawa Barat Senin, 4 Februari 2019

Hati-hati, Bandung Sore Ini Diprediksi Hujan Disertai Petir

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi