bjb

Ribuan Mahasiswa Bandung Seruduk DPRD Jabar Demo Tolak Revisi UU KPK

Massa dari mahasiswa gelar unjuk rasa menolak revisi sejumlah RUU di depan gedung DPRD Jabar. (Foto: Ryan/Jabarnews)

JABARNEWS | BANDUNG - Ribuan mahasiswa dari berbagai pergutuan tinggi swasta dan negeri se-Bandung Raya menggelar unjuk rasa di depan kantor DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (23/9/2019). Para Mahasiswa memprotes pengesahan UU KPK, dan rencana pengesahan sejumlah RUU seperti RUU KUHP, RUU Pemasyarakatan dan Revisi UU Pertahanan.

Berdasarkan pantauan jabarnews.com, sekitar pukul 11.00 WIB, beberapa mahasiswa tampak berkumpul di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Hingga pukul 13.00 WIB, jumlah mereka semakin bertambah mencapai 2000 mahasiswa.

Sebelumnya estimasi peserta 800-1000 yang menuntut minta di temui dengan anggota DPRD Provinsi. Mereka memberi batas waktu sampai jam 4 sore. Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi tersebut membawa spanduk dan poster berisi penolakan terhadap berbagai RUU.

Spanduk pun bertuliskan 'Save KPK' yang ditulis tangan menggunakan tinta warna hitam di atas kain berwarna putih pun dibentangkan salah satu peserta aksi. Dalam orasi yang disuarakan massa aksi menyebutkan 'Revolusi, revolusi revolusi'.

Salah seorang koordinator aksi Angga Firmansyah mengatakan, demonstrasi akan dilangsungkan di depan Gedung DPRD Jabar. Pihaknya akan long march dari Monumen Perjuangan menuju gedung DPRD Jabar.

Unjuk rasa ini dilakukan karena kekecewaan para mahasiswa karena DPR mengesahkan RUU yang menguntungkan penguasa dan merugikan rakyat seperti UU KPK, RUU KUHP, Revisi UU Pertanahan hingga RUU Pemasyarakatan.

"Kami dari berbagai kampus sudah mengkaji semua RUU tersebut dan sepakat untuk minta dibatalkan. Kami meminta presiden untuk mencabut semua Revisi UU tersebut," ucapnya.
Baca Juga:

Puluhan Mahasiswa Pingsan Saat Demo, Ini Kata Dokter

Tolak Revisi UU KPK, Mahasiswa Demo di DPRD Jabar


Menurutnya, aksi unjuk rasa ini tidak akan dilakukan hari ini saja. Jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, gelombang aksi akan lebih besar. Pihanya juga akan demonstrasi ke Jakarta.

"Kami akan melakukan aksi lanjutan yang massanya lebih banyak dibanding hari ini. Kami akan langsung ke Jakarta," jelasnya.

Sementara itu, salah satu massa aksi, Septian Insan Wibawa, mengatakan bahwa aksi ini merupakan wujud nyata bentuk aspirasi dari mahasiswa yang peduli pada kondisi negara Indonesia ini.

"Saya mendukung penuh dengan aksi-aksi yang dilakukan para mahasiswa dan sebaiknya semua elemen mahasiswa dan kepemudaan ikut turun bersama mahasiswa dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat," katanya.

Hingga saat ini para mahasiswa masih berdemonstrasi dan berharap perwakilan DPRD Jawa Barat, bisa menemui mereka. (RNU)


Tags : Revisi UU KPK Polemik KPK FPAK Bandung DPR RI Lembaga Antirausah Mahasiswa Demo DPRD Jabar Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Tok! Revisi UU KPK Disahkan DPR

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi