bjb

Input Galang Dana Peduli Bencana Kabut Asap

Penggalangan dana peduli bencana kabut asap. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Grup media sosial facebook Informasi Purwakarta Terkini (Input) akan menggelar aksi galang dana peduli bencana kabut asap yang terjadi di Riau dan Kalimantan.

Hal ini mereka lakukan mengingat sudah lebih sepekan kabut asap menyelimuti Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di kota Palangkaraya dan Provinsi Riau.

Humas Input, Sahril Sidik mengatakan, seperti yang diketahui bersama, saat ini karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) terjadi di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Bencana tersebut mengakibatkan kabut asap yang mencemari udara dan mengganggu pernapasan.

Kondisi paling parah terjadi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang ISPU-nya mencapai 399 dan masuk kategori Berbahaya.

Baca Juga:

BPBD Sukabumi Alami Kerugian Bencana Capai Miliaran Rupiah

Damkar Merasa Terbantu Adanya Latihan Gulben Karhutla di Purwakarta

"Maka dari itu kami ingin komunitas di Purwakarta bergabung dalam gerakan 1000 Masker Untuk Kalimantan dan Riau ini untuk membantu mengurangi beban saudara kita korban bencana kabut asap yang terjadi di Kalimantan dan Riau," kata pria yang akrab disapa Boril itu, Senin (23/9/2019).

Selain itu, dirinya berharap seluruh pemangku kepentingan dapat merumuskan solusi agar kabut asap yang notabene berasal dari kebakaran hutan dan lahan tak jadi peristiwa musiman.

Sebab selain dampak asap yang merusak tubuh, kebakaran juga mendegradasi hutan sebagai paru paru dunia.

"Mudah-mudahan bencana ini cepat selesai ditangani. Untuk yang mau menyalurkan donasi silahkan datangi sekretariat Input, di Jalan kemuning, Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta atau cek di http://bit.ly/unityforhumanitypurwakarta" pungkasnya. (Gin)


Tags : Input Kabut Asap Karhutla Galang Dana Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta

berita terkait

DPKPB Purwakarta Tangani Puluhan Kasus Karhutla Selama Kemarau

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi