bjb

Perhatikan, Berikut Ini Penyebab Ponsel Terbakar dan Meledak

Ilustrasi. (Foto: GadgetTren)

JABARNEWS | BANDUNG - Ada beragam penyebab mengapa sebuah ponsel dapat meledak, seperti misalnya korsleting atau adanya kesalahan saat pengisian daya. Salah satu penyebab yang sering muncul adalah panas berlebih pada bagian dalam ponsel yang kemudian memicu terjadinya ledakan. Misalnya, baru-baru ini di Pangandaran sebuah rumah terbakar akibat HP meledak.

Kasus meledaknya HP bukan hanya terjadi saat kamu charge alias melakukan pengisian daya pada perangkat kamu. Beberapa kejadian terjadi di saat waktu lain. Misalnya saat saat diletakkan di jok motor, dimainkan secara berlebihan atau bisa meledak secara tiba-tiba loh. Kira-kira apa saja ya penyebabnya?

Lalu memang apa sih yang menjadi penyebab HP meledak saat dicharge? Penasaran, kan? Makanya simak dulu ulasan selengkapnya di bawah ini sebagaimana dirangkum jalantikus.

Menggunakan Smartphone Saat Dicharge
Simpel banget! Salah satu hal yang bisa menyebabkan HP meledak adalah menggunakan smartphone saat dicharge, apalagi untuk melakukan aktivitas berat seperti bermain game.

Makanya nggak heran kalau banyak produsen HP menyarangkan untuk nggak menggunakan perangkat selama melakukan pengisian daya. Dan lebih baik kamu menonaktifkan perangkat untuk proses charge yang lebih cepat.

Kelebihan Panas (Overheat)
Kelebihan panas alias overheat juga meningkatkan potensi HP meledak karena banyak komponen yang rentan dan mudah sekali untuk terbakar. Overheat dapat terjadi apabila perangkat tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup.

Misal diletakkan di jok motor, tertindih saat kamu tidur atau malah menggunakan casing tambahan yang tidak memiliki sirkulasi udara.

Kerusakan Fisik Baterai
Lalu kerusakan atau cacat fisik baterai bisa dipicu karena umur baterai yang sudah terlalu tua atau memang keadaan baterai yang sudah bocor dan menggembung.

Tentu hal ini dapat dengan mudah memicu ledakan apabila kamu tidak teliti memeriksanya. Apalagi hal ini lebih berisiko pada kamu yang membeli HP bekas.

Charger & Baterai Non-Original
Nah ini yang paling banyak terjadi! Pasalnya banyak orang belum paham kalau penggunaan charger dan baterai non-original apalagi dengan harga sangat murah berpotensi menimbulkan kerusakan HP.

Kenapa nggak disarankan menggunakan produk non-original? Soalnya tiap brand pastinya sudah memperhitungkan pengaturan yang berbeda-beda untuk tiap tipenya. Mulai dari arus yang dialirkan hingga ketahanan baterai saat melakukan pengisian daya.

Menjatuhkan HP dari ketinggian
Jangan anggap HP terjatuh dari ketinggian hal biasa! Bisa saja kebiasaan yang dianggap sepele oleh mayoritas kalangan pengguna HP malah membawa maut buat kamu.

Pasalnya jika hal ini terjadi berulang kali, bisa saja komponen dalam HP mengalami kerusakan loh. Dan jika dibiarkan dalam waktu lama kerusakan komponen di dalamnya menyebabkan korsleting dan menyebabkan HP meledak tiba-tiba.

Selain memahami hal-hal yang menyebabkan HP kamu mudah meledak terbakar, ada pula beberapa tips mudah untuk mencegahnya sebagai berikut.

1. Gunakan charger dan baterai original untuk performa lebih baik.
2. Lepaskan casing tambahan apabila sedang melakukan proses charge HP.
3. Jangan letakkan HP di tempat-tempat yang rawan, seperti jok motor, tempat tertutup dan casing yang telalu kedap.
4. Hindari penggunaan HP di bawah sinar matahari terik secara langsung, apalagi ditambah pengisian daya dengan power bank misalnya.
5. Jauhkan HP saat kamu tidur untuk menghindari tekanan yang tidak sengaja dan pastikan nonaktif sebelum kamu tinggalkan.
6. Jangan gunakan HP saat sedang melakukan pengisian daya dan nonaktifkan jika memang diperlukan.
7. Pastikan melakukan pengisian daya di ruangan yang memiliki cukup ventilasi udara. (Red)


Tags : Ponsel Meledak Tips dan Trik Penyebab HP Meledak Tekhnologi Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi