Kedatangan Tamu Anak TK, Polres Purwakarta Kenalkan SOMEAH

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ada pemandangan menarik di Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Purwakarta, dimana puluhan siswa taman kanak-kanak (TK) blusukan di markas polisi yang berada di Jalan Veteran, Kelurahan Ciseureuh, Purwakarta itu.

Puluhan murid TK Yosudarso Purwakarta, yang didampingi gurunya, melakukan kegiatan luar kelas atau outing class, dengan mengunjungi Markas Polres Purwakarta, guna mengenalkan profesi sekaligus tugas dari aparat kepolisian, pada Rabu (25/9/2019).

Kepala Sekolah TK Yosudarso Purwakarta, Sisil, mengatakan, kegiatan outing class bertujuan mengenalkan dan mendekatkan anak-anak dengan polisi, karena image polisi yang dikenal anak – anak sangat menakutkan, sehingga dengan kunjungan ini mereka bisa tahu, tugas dari polisi.

Baca Juga:  Bawaslu Purwakarta Tekankan Mahasiswa Tak Perlu Netral

“Biar anak-anak mengenal profesi dari polisi dengan baik, tugasnya apa, memang awalnya mereka takut namun setelah tau anak – anak malah ingin berfoto dan bercanda dengan Polisi,” ungkap Sisil.

Menurutnya, awalnya anak-anak takut jika melihat polisi, dan setelah diajak keiling oleh Polisi dan dikenalkan kebeberapa bagaian dan tugas polisi.

“Polisi itu teman-temannya anak-anak juga. Mungkin saja kedepannya anak-anak ini ada yang bercita-cita menjadi polisi juga,” ungkapnya.

Baca Juga:  IMM: Pernyataan Amien Rais Bertentangan Dengan Khittah Muktamar Muhammadiyah 1971

Dalam kunjungan di Polres Purwakarta, puluhan siswa TK berkeliling ke setiap bagian dari Mapolres Purwakarta, mulai dari tempat kendaraan dinas, tempat pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan pengenalan rambu-rambu.

Dihubungi terpisah, Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, melalui Kasat Lantas, AKP Ricky Adipratama, mengatakan kegiatan ini dalam rangka tugas pelayanan masyarakat dan program-progam Polri, salah satunya Polisi Sahabat Anak.

“Dalam kegiatan ini disampaikan sosialisasi tentang tertib berlalu lintas seperti rambu-rambu lalu lintas dan cara menyeberang jalan supaya aman,” kata Ricky.

Baca Juga:  Simak, Ini Info Program Promo Diskon KPR

Selain itu, tambahan dia, juga dilakukan sosialisasi tentang tugas fungsi kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum.

Hal ini dilakukan, lanjut Ricky, agar anak tidak merasa takut kepada polisi. Karena banyaknya orang tua ataupun ibu-ibu yang menakut-nakuti anak-anaknya dengan polisi.

“Kita juga kenalkan Polres Purwakarta SOMEAH, yakni Solutif, Obyektif, Melayani, Edukatif, Amanah dan Humanis. Penyampaian sosialisasi dari kepolisian kepada anak-anak dilakukan dengan cara yang humanis dan menyenangkan diselingi dengan nyanyian dan permainan, agar anak-anak mudah memahami apa yang disampaikan,” pungkasnya. (Gin)