Hendak Unras ke Jakarta, Ratusan Pelajar SMK Cianjur Dicegat Polisi

JABARNEWS | CIANJUR – Ratusan pelajar yang tergabung dari dari SMKN 1 Cilaku, SMK AMS, SMK Ar-Rahmah, SMK PGRI 3 dan SMK Bela Nusantara yang hendak ke Jakarta untuk bergabung dengan pelajar dari daerah lain diduga mendukung aksi unjuk rasa mahasiswa berhasil diamankan Polres Cianjur, Jawa Barat.

“Rencananya mereka akan melanjutkan perjalanan ke pusat Kota Cianjur untuk menyatakan kesepakatan sebelum melanjutkan perjalanan ke Jakarta,” kata Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto di Cianjur, Kamis (26/9/2019).

Baca Juga:  Ketua DPRD Cianjur Ajak Masyarakat Renungkan Perjuangan Para Pahlawan

Polisi mengamankan pelajar tersebut setelah mendapatkan informasi dari warga bahwa ada ratusan pelajar yang sedang berkumpul dan akan berangkat ke Jakarta. Mereka diamankan saat berkumpul di Jalan Perintis Kemerdekaan-Jebrod, Cianjur.

Setelah didata, para pelajar akan dibina di Polres Cianjur sebelum diserahkan kembali ke pihak sekolah dan orang tuanya masing-masing. “Pihak sekolah, orang tua dan instansi terkait akan kami panggil,” katanya.

Obay Koswara (19) siswa Kelas III SMK AMS, mengatakan setelah sepakat menyatakan damai dengan siswa SMK lain, mereka berencana berangkat ke Jakarta untuk mendukung mahasiswa yang menggelar unjuk rasa menolak penetapan RUU.

Baca Juga:  Bocah 7 Tahun Asal Gunungputri Hilang, Diduga Tenggelam di Sungai Cikeas

“Rencananya dari beberapa sekolah bersatu berangkat hari ini ke Jakarta, titik kumpul awal di bundaran Pasir hayam. Sekalian bermusyawarah untuk menyatakan berdamai setiap sekolah,” katanya.

Sementara itu, Handi (17) siswa dari SMK Bela Nusantara mengatakan bergabung dengan siswa dari SMK lain setelah mendapat kabar berkumpulnya siswa SMK di Cianjur untuk menyatakan berdamai dari temannya.

Baca Juga:  Libur Panjang Akhir Oktober Mau ke Lembang, Simak Ini Dulu

“Katanya mau menyampaikan aspirasi, soal apanya saya tidak tahu karena hanya diajak teman. Setahu saya deklarasi damai pelajar SMK seCianjur,” katanya.

Untuk berangkat ke Jakarta, mereka akan naik bus atau menumpang kendaraan bak terbuka sampai Bogor. Selanjutnya mereka melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan naik kereta api. Namun para pelajar itu mengaku tidak mengetahui pasti apa isu yang akan diperjuangkan saat berada di Jakarta. (Ara)