bjb

Sejumlah Pelajar Purwakarta Ikut Demo ke Jakarta

Pelajar Purwakarta yang diduga ikut berdemo ke Jakarta saat berada di Mapolres Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Viralnya para pelajar ikut turun ke jalan membantu mahasiswa demonstrasi penolakan RUU KPK dan RKUHP di Jakarta.

Diketahui dari para pelajar yang berasal dari berbagai daerah, ada pelajar asal Kabupaten Purwakarta ikut demonstrasi di gedung DPR RI.

Saat dihubungi melalui seluler Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK, Darta, membenarkan ada sejumlah pelajar SMK dari Kabupaten Purwakarta yang ikut dalam aksi di Jakarta.

"Iya benar ada. Sekarang pelajar yang diamankan di Polres Bekasi sudah dijemput oleh orang tuanya," ucap Darta, Kamis (26/9/2019).

Darta mengaku belum mengetahui jumlah pelajar dan dari sekolah mana yang berangkat ke Jakarta ikut demonstrasi. Pihaknya saat ini tengah melakukan penelusuran ke setiap sekolah.

Ia menambahkan, upaya pencegahan sejuah ini telah dilakukan, bahkan saat ini dari kepolisian juga turun ke sekolah memberikan pembinaan sebagai antisipasi para pelajar mengikuti demonstrasi.

Baca Juga:

Kasat Lantas Polres Purwakarta: Pelajar Di Bawah Umur Jangan Kendarai Motor

Operasi Patuh Terpadu 2019 Di Purwakarta, Puluhan Pengendara Terjaring

"Upaya kami lakukan agar tidak ada pelajar berangkat ke Jakarta bertambah," katanya. 

Sebelumnya Darta menilai, para pelajar masih terlalu dini mengikuti aksi demontrasi yang saat ini tengah ramai diperbincangkan.

"Para pelajar SMK/SMA atau sederajat lebih baik fokus mengikuti proses kegiatan belajar. Saya yakin banyak dari mereka yang tidak mengetahui tujuan aksi dan hanya ikut-ikutan saja," ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, H. Ai Nurhasan mengatakan untuk beberapan siswa yang di tangani polres Bekasi, pihaknya mengaku sudah di koordinsikan dengan Polres purwakarta dan Polres Karawang untuk pembinaan lebih lanjut.

"Kejadian mereka di razia Polres Bekasi terjadi sore hari jam 5 sore, kemarin. Artinya mereka meninggalkan tempat setelah lepas kegiatan belajar mengajar, sehingga yang dilakukan adalah pembinaan. Kecuali apabila ada yang melanggar hukum maka diserahkan ke aparat hukum. Namun, alhamdulilah tidak ada yang melanggar hukum, jadi dibina di sekolahnya," jelasnya. (Gin)


Tags : Pelajar Purwakarta Pelajar Demo Polres Purwakarta Demo Pelajar Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi