bjb
itcbet

Inovasi Dosen UI Kembangkan Mikroponik Budidaya Jamur Tiram

Panen Jamur Tiram putih (Pleurotus Ostreatus) di Desa Bojong Koneng. (Foto: Agraria)

JABARNEWS | DEPOK - Tim Pengmas FMIPA UI yang bekerjasama dengan Yayasan Pandu Cendekia dan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI (DRPM UI) memperkenalkan sebuah program inovatif bernama mikoponik yang fokus pada pemanfaatan limbah agrikultur sebagai media tanam salah satu jenis jamur yaitu jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus).

"Metode ini diperkenalkan kepada masyarakat di Desa Bojong Koneng, Sentul, Bogor, pada Agustus 2019 yang diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat setempat," kata Ketua Tim Pengmas FMIPA UI Retno Lestari di Kampus UI Depok, Jumat (27/9/2019).

Baca Juga:

Wow.. Alat Ini Bisa Cegah Kecanduan Internet Buatan Mahasiswa UI

Obat Alternatif Antikanker Serviks Ditemukan Mahasiswa UI



Selain karena memiliki kelembapan yang tinggi dan suhu yang rendah, desa tersebut memiliki banyak lahan kosong yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat sekitar untuk membantu peningkatan pendapatan ekonomi mereka.

"Program mikoponik dilakukan di Desa Bojong Koneng, karena desa tersebut merupakan daerah yang cocok untuk budidaya jamur," katanya.
Halaman selanjutnya
Tags : Panen Jamur Tiram Universitas Indonesia FMIPA UI Program Inovatif Program Mikroponik Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Klinik Digital Vikom UI: Berita Hoax Jadi Bencana Baru

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi