Lima Rekomendasi Fokus JP kepada Forkopimda Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP) mengeluarkan Lima rekomendasi hasil dari pelaksanaan Rapat Kerja untuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di wilayahnya.

Rekomendasi tersebut yang pertama yaitu Pemerintah Daerah dan DPRD, melalui Sekretaris DPRD agar mempermudah akses terhadap salinan buku Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) khususnya kepada para jurnalis.

Ini dilakukan dalam upaya mengawal pembagunan Purwakarta yang profesional dan transparan,

“Selama ini jangankan masyarakat, insan pers memiliki kesulitan untuk mengakses dukumen publik tersebut,” kata Koordinator Fokus JP, Aweng Wahyudin, Sabtu (28/9/2019).

Baca Juga:  Pelaku TPPO Pengiriman PMI Ilegal Berhasil Diringkus Polisi

Kemudian Fokus JP juga merekomendasikan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Diskominfo agar turut berperan aktif dalam upaya peningkatan kualitas Pers Purwakarta. Diantaranya ditempuh melalui kerjasama pelatihan jurnalis, seminar maupun FGD bertajuk Pers.

Selain itu ujar Aweng, Pemerintah Daerah maupun DPRD diminta membuka ruang dan melibatkan unsur Pers dalam setiap agenda kunjungan kerja dan kegiatan sejenis lain yang dilaksanakan di luar daerah sebagai bentuk transparansi sekaligus memastikan tidak adanya lagi kasus perjalanan dinas fiktif seperti yang diduga sudah sering terjadi sebelumnya.

Baca Juga:  PPKM Level 3, Sejumlah Ruas Jalan di Purwakarta Ditutup Sehari, Ini Lokasinya

Lalu, lanjut Aweng, sebagai realisasi amanat UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa, pemerintah daerah agar dapat mendorong seluruh desa di Purwakarta membuat Website Desa.

“Ini diperlukan agar akses publik terhadap informasi desa menjadi semakin mudah. Baik menyangkut penggunaan dana yang masuk ke desa maupun menyangkut potensi SDA dan SDM yang dimiliki desa. Langkah ini diperlukan untuk mempercepat terciptanya desa maju, mandiri dan demokratis,” tuturnya.

Kemudian tambah Aweng, untuk jajaran Polri, TNI, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri dan unsur steakholder lainnya di Purwakarta, Fokus JP mengeluarkan rekomendasi untuk terus meningkatkan hubungan kemitraan yang baik dengan Pers dalam rangka bersama-sama menciptakan kondusifitas daerah.

Baca Juga:  Ayo Ngopi dan Ngeteh ke Gedung Sate Akhir Pekan Ini

“Lima rekomendasi yang dikeluarkan Fokus JP ini guna turut serta mengawal terciptanya sistem pemerintahan yang bersih dan demokratis di Kabupaten Purwakarta,” ucapnya.

Seperti diketahui, pada tanggal 13-14 September 2019 kemarin, puluhan Jurnalis yang tergabung dalam Fokus JP mengadakan Rapat Kerja di Hidden Valley, Sukatani Purwakarta.

Acara yang mengangkat tema ‘Jurnalis Cakap, Demokrasi Kuat tersebut juga dihadiri pihak Diskominfo, Polres Purwakarta serta Kodim 0619 Purwakarta. (Zal)