Tips Rawat Motor Matik Agar Awet

JABARNEWS | BANDUNG – Menggendari motor matic pastinya memberikan keasikan berkendara yang lebih dibandingkan jika kira menggunakan motor bebek, perawatan motor matik itu gampang-gampang sulit. Salah satu yang wajib tentunya adalah servis berkala dan melakukan perawatan rutin tiap harinya.

Selain itu, biasanya setelah 5 tahun peforma mesin dan komponen akan menurun, sangat tepat apabila sobat ngeupgrade alias mengganti sepeda motor dengan yang baru. Setelah 5 tahun bisanya motor akan sangat sering membutuhkan servis dan performanya akan menurun.

Agar kondisi motornya tetap prima dan terjaga, ayo, mulai lakukan dari sekarang kalian coba deh, anjuran perawatan sesuai tips berikut;

Memanaskan Motor Setiap Hari

Memanaskan motor meruapakan cara yang biasa kita lakukan pada pagi hari sebelum menggunakan motor, hal ini dilakukan supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin bisa lebih maksimal.

Panaskan motor kurang lebih 5 menit sampai 10 menit, sebaiknya menggunakan kick stater saja jika menggunakan stater elektrik. Apabila sudah merasa cukup jangan lupa tarik ulur gas supaya oli cukup panas dari mesin motor.

Baca Juga:  Umar Zunaidi Berharap Tebing Tinggi Bebas Covid-19 Hingga Aksi Terorisme

Stabilkan Kecepatan Gas

Tips kali ini biasanya sering dilakulan oleh pengguna motor matik. Yakni, saat kecepatan motor dalam kondisi cepat jangan secara tiba-tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya.

Tanpa sadari hal ini akan merusak masa umur mesin, dengan kecepatan yang tidak stabil buka hanya akan merusak mesin namun sampai juga pada Fan Belt motor.

Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Kebanyakan dari kita pastinya mengisi bahan bakar pada saat bahan bakar mau habis. Namun, parahnya banyak pengguna motor matic yang sampai kehabisan bahan bakar, entah apapun alasannya hal seperti ini sangat tidak dianjurkan karena akan sangat tidak baik untuk mesin.

Usahakan selalu motor matic sobat jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer, usahakan motor berisi bahan bakar yang full untuk mengantisipasi hal tersebut. dengan motor sering mogok karena kekurangan bahan bakar tentunya akan sangat tidak baik.

Baca Juga:  Inilah Nama-nama Terkenal Pemeran Film Fast & Furious 9

Rutin Ganti Oli

Perawatan yang satu ini sangatlah penting dan merupakan perawatan wajib. Untuk jadwal pergantian oli biasanya motor itu dilakukan setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM.

jika sobat sulit menghitung dengan speedometer maka sobat bisa melakukan perawatan rutin ini setiap 2 – 3 bulan sekali, jangan lupa juga gunakan oli yang lebih condong ke spesifikasi motor matic, dengan mengganti oli berkala pastinya akan menjaga performa mesin.

Perawatan AKI

kehilangan power dari motor akibat daya aki habis, menyebabkan cahaya lampu akan berkurang. jelasnya pastinya saat sobat mau menghidupakan motor harus menggunakan kick starter pastinya akan sedikit repot.

jika matic yang sobat gunakan memiliki bobot yang besar, maka sedikit saran sobat bisa menggnati AKI dalam 7-8 bulan setelah penggantian terahir.

Periksa Vantbel Dan RolerS

Seperti halnya rantai pada motor bebek atau sport hanya saja terbuat dari karet, akan sangat tidak mengasikan apabila sobat mengalami putusnya vant belt di jalan, karena secara otomatis pastinya motor tidak bisa melaju.

Baca Juga:  Purwakarta Sehat Bersama Masyarakat Diikuti Ribuan Peserta Jalan Santai

Karena pentingnya vant belt maka sangat di anjurkan untuk melakukan penggantian berkala untuk menghidari hal tersebut. Jangan lupa selalu gunakan sukucadang yang ooriginal sehingga membuat matic sobat terjamin. jika servis motor maka selalu tanyakan kondisi vantbel dan roler.

Servis Berkala

Biasanya pada servis berkala motor matic adalah untuk penggantian oli, dan membersihkan karburator dan menset motor. Namun, di anjurkan sobat untuk menanyakan menggenai Aki apakaha masih layak, Vantbel dan roler apakah memerlukan penggantian.

Dari beberapa hal tersebut tentunya akan semakin baik jika sobat menggunakan suku cadang yang original ketimbang menggunakan yang murah. Namun, kualitasnya masih dipertanyakan, lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali menjaga performa motor matic sobat.

Nah seperti itulah, perawatan sederhana yang dapat kalian lakukan untuk perawatan motor matic, agar peformnya selalu baik. Lakuan ya ! (Red)