Kapolres Ingatkan Bahaya Hoaks kepada Mahasiswa di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kapolres Purwakarta AKBP Matrius terus mengingatkan adanya bahaya hoaks kepada para mahasiswa. Sebab selain dampaknya dapat merugikan orang lain, hoaks juga dapat merugikan penyebar hoaks itu sendiri.

“Pelaku hoaks bisa dijerat UU ITE, dan pastinya hoaks itu bisa merugikan orang lain dan pelaku hoaks itu sendiri,” kata Kapolres Purwakarta AKBP Matrius saat menjadi narasumber dalam kegiatan Ta’aruf mahasiswa Baru STAI DR.KH.EZ Muttaqien Purwakarta, Sabtu (28/9/2019).

Baca Juga:  Mahasiswa UPI Gelar Workshop Pembuatan APE Bagi Guru PAUD

Dalam kegiatan tersebut Kapolres mengaku prihatin dengan beragam hoaks yang banyak bertebaran di media sosial.

Namun, pihak kepolisian juga tetap siaga dengan intensif melakukan patroli di dunia maya. Hal itu untuk memastikan, agar beragam isu hoaks bisa diselidiki lebih serius dan mengungkap siapa pelaku hoaks tersebut.

Baca Juga:  Kecamatan Bintang Bayu Menjadi Tuan Rumah MTQ Ke-17 Sergai

Kapolres meminta masyarakat tidak percaya begitu saja jika ada informasi, dan dianjurkan melakukan klarifikasi kebenaran dari kabar yang diterima itu.

“Tipsnya tidak `menshare` dan klarifikasi dulu benar atau tidak, misalnya, tentang masalah kesehatan katanya bisa terkena kanker, bisa tanya saja ke dokter. Hoaks banyak, tapi yang jadi perhatian, yang seksi SARA,” ucapnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Solidaritas, Ini yang Dilakukan Alumni SMP 9 Bandung

Sebagai penutup Kapolres menambahkan, di era digital saat ini, adanya hoaks tidak bisa dihindari. Namun sebagai kaum intelektual, Kapolres yakin mahasiswa yang ada di Purwakarta bisa membedakan mana fakta dan mana itu hoaks. (Red)