Marak Aksi Demo, Ini Permintaan Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat meminta mahasiswa untuk mengikuti aturan hukum saat gelar aksi demonstrasi

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengimbau kepada mahasiswa yang akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aturan sesuai dengan aturan yang ditetapkan di dalam Undang-undang saat melakukan aksi di depan gedung DPR, Senin (30/9/2019) mendatang.

"Apapun yang dilakukan harus mengutamakan koridor aturan hukum, itu aja," kata Ridwan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (29/9/2019).

Baca Juga:

Pemilu 2019, Publik Harus Waspada Penyebaran Media Abal-abal

Wartawan Rayakan HPN 2019 Bareng Kapolres Sumedang



Aturan soal demo juga diatur dalam Peraturan Kapolri No.9 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Pelayanan, Pengamanan, dan Penanganan Perkara Penyampaian Pendapat di Muka Umum. Agar Para demonstran tidak mendapat sanksi hukum dalam menyampaikan pendapat di muka umum, hendaknya mmengikuti tata cara demonstrasi menurut undang-undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaiakan Pendapat di Muka Umum

"Semua terjadi dinamika karena ada aturan-aturan yang dilanggar oleh yang melakukan (unjuk rasa) bahkan yang mengawasi (aparat)," kata dia.

Menurutnya gesekan dan bentrokan saat proses penyampaian aspirasi disebabkan oleh kesalahpahaman antara pengunjuk rasa dengan aparat keamanan. Selain itu ada juga tidakan-tindakan yang menurutnya melewati batas aturan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : RUU KUHP PWI IJTI Jurnalis Demo Undang-Undang Pers Kebebasan Pers Majalah Tempo Gubernur Jabar Ridwan Kamil Mahsiswa Demo Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

HPN 2019, Sejumlah Tokoh Olahraga Jabar Dapat Penghargaan

IJTI Karawang Sosialisasikan Pemilu 2019 melalui Gowes Bersama

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi