bjb

KLHK: Terapkan Budaya Ramah Lingkungan Berawal Dari Rumah

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) KLHK, Helmi Basalamah. (Foto: Antara)

JABARNEWS | BANDUNG - Dalam beberapa tahun terakhir, green lifestyle atau gaya hidup ramah lingkungan menjadi tren baru di masyarakat. Gaya hidup ramah lingkungan ini ternyata bukan suatu hal yang berat, dan bisa dilakukan mulai dari rumah. Hal tersebut coba diterapkan oleh Pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Helmi Basalamah. 

"Budaya ramah lingkungan itu perlu dibangun dari rumah tangga dan lingkungan pendidikan karena keduanya memunculkan limbah yang perlu ditangani dengan baik," jelas Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia KLHK Helmi di Gedung Sate Kota Bandung, Minggu (29/9/2019).

Lingkungan pendidikan, perlu menerapkan karakter anak bangsa yang peduli terhadap lingkungan. Dimulai dari perubahan pola kebiasaan ramah lingkungan, kemudian dari kebiasaan tersebut menurutnya akan menjadi karakter yang sesuai dengan program Adiwiyata.

"Kita tahu permasalahan sampah dan sebagainya itu ada di hulu, hulunya itu salah satunya adalah rumah tangga dan sekolah, karena sekolah juga membangun karakter dan rumah tangga. Kita membangun karakter di sekolah dan lembaga pendidikan, misalnya tidak lagi membawa botol-botol bekas atau sekali pakai karena mereka sudah membawa tempat air," jelasnya.

Selain itu, lembaga pendidikan informal juga diharapkan dapat menularkan budaya peduli dan ramah lingkungan, seperti dilakukan oleh Yayasan Lembaga Indonesia Amerika (LIA) yang menurut Helmi dapat menumbuhkan budaya ramah lingkungan.

Baca Juga:

Pemkab Bandung Raih Berbagai Penghargaan Pada Ecovillage Award 2019

Inilah Tips Penampilan Menarik Dengan Keuangan Terbatas

"Jadi dengan adanya lembaga bahasa LIA, sebuah lembaga yang kita harapkan bisa menjadi lembaga yang membangun suasana yang ramah lingkungan," katanya.

Ketua Pengurus Yayasan LIA, Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji mengatakan peserta yang mengikuti program LIA diharap dapat menjadi teladan yang baik dalam melestarikan lingkungan.

"Serta yang terpenting adalah sebagai wujud tanggung jawab LIA dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Hendarji.

Pihaknya berpesan bahwa pendidikan lingkungan di tingkat dasar sangat penting untuk regenerasi pengetahuan serta menjaga lingkungan agar tetap lestari. (Ara)


Tags : Gaya Hidup Ramah Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup yayasan Lembaga Indonesia Amerika Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Pilih Jenis Bahan Kain Ini yang Ramah Lingkungan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi