Hore.. Rumah Sakit Khusus Lansia Akan Hadir di Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Orang lanjut usia (lansia) pada umumnya menderita lebih dari satu penyakit. Hal ini pun membuat mereka harus mendatangi sejumlah dokter spesialis untuk berobat. Padahal, fisik lansia mengalami penurunan dibanding sewaktu muda. Mereka akan kerepotan dan kelelahan jika harus bolak-balik rumah sakit mengatasi berbagai penyakit yang berbeda-beda.

Berangkat dari itu, Pemprov Jawa Barat (Jabar) akan mengkaji pembangunan rumah sakit khusus lanjut usia (lansia), kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menghadiri Muslimat NU Peduli Lansia Menuju Jabar Juara Lahir Batin di Gedung Sate Bandung, Minggu (29/9/2019)

“Pemprov Jabar ada rumah sakit di Jalan Riau, dulu Riau Sebelas. Karena sudah pindah ke Lembang (Kabupaten Bandug Barat), maka Insyaallah kita akan kaji untuk menjadi rumah sakit pertama di Indonesia khusus untuk lansia,” kata Emil, demikian sapaan akrabnya dilansir Antara.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Santuni 8 Petugas KPPS Yang Meninggal Saat Tugas

Ia menjelaskan Pemprov Jabar berkomitmen memperhatikan seluruh lansia di daerah itu yang jumlahnya sekitar empat juta jiwa itu. Dia pun berharap para lansia di Jabar tetap produktif.

“Untuk para lansia tinggal memikirkan bagaimana di hari tua masih produktif sebisa mungkin,” katanya.

Komitmen Pemprov Jabar terlihat dari sejumlah program yang telah digagas, seperti Minggu Lansia. Program yang terinspirasi dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) itu, mengajak relawan muda untuk mengunjungi lansia seminggu satu kali.

Baca Juga:  Hadeuh, Lingkungan Puskesmas Jalancagak Bau Sampah

Tujuannya, kata dia, membahagiakan lansia via interaksi dan komunikasi.

Ada pula program lansia kembali ke sekolah. Para lansia bukan pergi ke sekolah untuk belajar, melainkan menjadi guru tamu. Nantinya, para lansia akan mentransfer ilmu dan pengalaman kepada generasi muda di Jabar.

Program lainnya adalah pesantren kilat khusus untuk lansia. Tak hanya program spiritualitas atau keagamaan, di pesantren kilat itu, para lansia akan diberi wawasan terkait dengan pertanian atau berkebun.

“Kombinasinya dua, ada pertanian perkebunan dan ada pula konten keagamaannya,” kata Emil.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Libra, Scorpio dam Sagitarius: Perbanyak Diskusi Dengan Orang Yang Lebih Baik

Pada acara Muslimat NU Peduli Lansia itu digelar berbagai kegiatan, seperti jalan santai dan senam sehat. Jalan santai dimulai dari Pusdai sampai Gedung Sate. Selain itu, digelar juga pameran berbagai produk fesyen dan kuliner.

Ada juga kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian sekitar 2.000 bantuan sosial. Kegiatan peduli lansia itu diikuti sekitar 4.500 anggota Muslimat NU dari 27 kabupaten/kota di Jabar.

Dengan pengkajian rumah sakit khusus lansia ini diharapkan mampu mengurangi masa perawatan pasien. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup para lansia. (Ara)