Adanya Wacana Perubahan Nama Provinsi Jawa Barat

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil buka suara terkait wacana perubahan nama Provinsi Jawa Barat. Menurutnya, segala perubahan memerlukan kesepakatan dari sejumlah pihak. Tak terkecuali mengenai usulan perubahan nama Provinsi Jabar.

Pasundan adalah penyebutan wilayah yang secara tradiosional menunjuk wilayah yang dihuni oleh suku Sunda. Keberadaan Suku Sunda sering diidentikan dengan Jawa Barat. Nama Provinsi Jawa Barat sering dituding melemahnya jati diri orang Sunda, sehingga beberapa kali mencuat tuntutan agar wilayah Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Pasundan.

Baca Juga:  Provinsi dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi, Jawa Barat Urutan Kedua

“Di mana-mana hidup ini adalah kesepakatan, jadi perubahan itu silakan selama ada kesepakatan,” ujar di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (30/9/2019).

Baca Juga:  Polres Purwakarta Siap Kawal Pilkada

Ia menuturkan berbagai cara bisa dilakukan terkait perubahan nama ini. Salah satunya melalui uji publik untuk mengukur sejauh mana pergantian nama Provinsi Jabar dapat direalisasikan.

“Mencari kesepakatannya itu yang harus dicari, apa harus ada uji publik apakah ada survei atau poling, itu kan harus dipikirkan,” ucapnya.

Emil menyeubut bahwa dirinya mengapresiasi segala bentuk usulan, khususnya yang memiliki maksud untuk memajukan Provinsi Jabar. Hanya saja, perubahan tersebut mesti mendapatkan persetujuan dari sejumlah pihak demi terciptanya kondusifitas.

Baca Juga:  Tinggalkan Persib Bandung, Ghozali Siregar Ikuti Jejak Omid Nazari

“Jadi saya apresiasi inisiatifnya saya kira itu wajar dan baik, nanti memastikan bahwa aspirasi itu mendapatkan ruang untuk masyarakat itu yang harus dicari,” pungkasnya. (RNU)