bjb

Adanya Wacana Perubahan Nama Provinsi Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Ryan/Jabarnews)

JABARNEWS | BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil buka suara terkait wacana perubahan nama Provinsi Jawa Barat. Menurutnya, segala perubahan memerlukan kesepakatan dari sejumlah pihak. Tak terkecuali mengenai usulan perubahan nama Provinsi Jabar.

Pasundan adalah penyebutan wilayah yang secara tradiosional menunjuk wilayah yang dihuni oleh suku Sunda. Keberadaan Suku Sunda sering diidentikan dengan Jawa Barat. Nama Provinsi Jawa Barat sering dituding melemahnya jati diri orang Sunda, sehingga beberapa kali mencuat tuntutan agar wilayah Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Pasundan.

"Di mana-mana hidup ini adalah kesepakatan, jadi perubahan itu silakan selama ada kesepakatan," ujar di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (30/9/2019).

Ia menuturkan berbagai cara bisa dilakukan terkait perubahan nama ini. Salah satunya melalui uji publik untuk mengukur sejauh mana pergantian nama Provinsi Jabar dapat direalisasikan.

Baca Juga:

Ketua DPRD Jabar: Perda Lansia Akan Dikaji

Emil: Optimistis, Atlet Jabar Bawa Pulang Piala Olympic World Summer Games 2019

"Mencari kesepakatannya itu yang harus dicari, apa harus ada uji publik apakah ada survei atau poling, itu kan harus dipikirkan," ucapnya.

Emil menyeubut bahwa dirinya mengapresiasi segala bentuk usulan, khususnya yang memiliki maksud untuk memajukan Provinsi Jabar. Hanya saja, perubahan tersebut mesti mendapatkan persetujuan dari sejumlah pihak demi terciptanya kondusifitas.

"Jadi saya apresiasi inisiatifnya saya kira itu wajar dan baik, nanti memastikan bahwa aspirasi itu mendapatkan ruang untuk masyarakat itu yang harus dicari," pungkasnya. (RNU)


Tags : Provinsi Jabar Diganti Provinsi Pasundan Ridwan Kamil Jati Diri Sunda Gedung Sate Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Harkonas 2019 Akan Dirayakan Di Jawa Barat

Jabar Masih Menjadi Favorit Para Investor

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi