bjb

Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Ditahan KPK

Mantan Direktur Utama Jasa Tirta II, Djoko Saputro. (Foto: Kumparan)

JABARNEWS | JAKARTA - Mantan Direktur Utama Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro ditahan KPK. Tersangka kasus dugaan korupsi dengan indikasi kerugian negara Rp 3,6 miliar ini ditahan KPK selama 20 hari pertama.

Djoko keluar dari gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (30/9/2019) sekitar pukul 17.10 WIB. Dia terlihat memakai rompi tahanan berwarna oranye dengan tangan diborgol.

Ia menutupi borgol di tangan dengan tas berwarna merah. Djoko tak banyak bicara saat keluar gedung KPK.

"Nggak, terima kasih," kata dia sambil menuju mobil tahanan, dilansir dari laman detik.com, Senin (30/9/2019).

Baca Juga:

Tim Lab PJT II: Sungai Cilamaya Mengandung Sianida

Uji Coba Panen CBF Sebagai Alternatif KJA di Waduk Jatiluhur

Untuk diketahui, kasus ini berawal ketika Djoko menjabat Dirut pada 2016. Saat itu dia meminta dilakukan relokasi anggaran dengan cara mengalokasikan tambahan anggaran pada pekerjaan pengembangan SDM dan strategi korporat yang awalnya Rp 2,8 miliar menjadi Rp 9,55 miliar.

Setelah itu, Djoko menunjuk Andririni Yaktiningsasi, yang juga sudah ditetapkan sebagai tersangka, menjadi pelaksana dari kedua proyek itu. Andririni menggunakan bendera perusahaan PT BMEC (Bandung Management Economic Center) dan PT 2001 Pangripta.

Pada akhirnya, realisasi untuk kedua proyek itu adalah Rp 5.564.413.800. Berbagai penyimpangan diduga dilakukan Djoko dan Andririni seperti nama-nama ahli dalam kontrak yang diduga hanya dipinjam dan dimasukkan sebagai formalitas, pelaksanaan lelang yang rekayasa, dan membuat penanggalan mundur dokumen administrasi atau backdate. (Red)


Tags : PJT II Purwakarta Perum Jasa Tirta II Ditahan KPK Djoko Saputro Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Deuh...PJT II Belum Bayar Hutang

Mantan Dirut PJT II Ditahan KPK

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi