IMIKI Bandung Raya Ingatkan Pentingnya Menjaga Persatuan

JABARNEWS | JATINANGOR – Mengeja Persatuan, Merawat Komunikasi dan Merajut Harmoni. Itulah tema kegiatan diskusi publik yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) Cabang Bandung Raya, Senin (30/9/2019) di Ruang Oemi Abdurahman, Gedung 1 Fikom Unpad, Jatinangor.

Hadir dalam gelar kegiatan Diskusi Publik ini yaitu Dr. Dadang Rachmat Hidayat, Sos, S.H, M.Si sebagai Dekan Fikom Unpad, Dwi Winarno, S.IP., M.Si sebagai Sosiolog dan Febiola Iriani Ohei sebagai Ketua Presidium Masyarakat Papua.

Baca Juga:  Zoom Akan Perketat Keamanan Khusus Pelanggan Berbayar

Pada paparannya Dr. Dadang menyampaikan bahwa kita memang harus menghargai perbedaan, karena kita itu satu, tapi berbeda. Problem sosial adalah problem komunikasi, obatnya harus dengan komunikasi.

Sementara itu, Febiola menuturkan bahwa Negeri ini dibangun dengan perbedaan. Komunikasi jadi indah, kalau kita menyampaikan dengan baik.

Selain itu, Dwi Winarno memaparkan bahwa pendekatan budaya di Papua itu diperlukan dibandingkan dengan pendekatan militeristik. Tantangan kita sebagai bangsa, tidak akan pernah selesai.

Baca Juga:  Ace Hasan: Janggal Jika Aset First Travel Disita Negara

“Kegiatan ini pada dasarnya untuk membangun kesadaran generasi milenial tentang menjaga persatuan dari sudut pandang komunikasi, sosiologi, kebijakan publik,” kata Muhtar sebagai Ketua IMIKI Cabang Bandung Raya.

Selanjutnya ujar Muhtar kegiatan diskusi publik ini juga ingin memberikan gambaran tentang kondisi Persatuan Indonesia.

Pasalnay saat ini persatuan Indonesia seringkali mendapatkan ujian baik dari sisi politik, ekonomi, paham-paham keagamaan dan kebudayaan, perbedaan ras, dan potret keamanan dan ketahanan nasional menghadapi persebaran pemikiran, paham dan ideologi yang bertentangan dengan falsafah kebangsaan.

Baca Juga:  Dibalik Suksesnya Indonesia MotoGP Mandalika 2023, Ada Listrik Tanpa Kedip

“Ini juga untuk menghadirkan kesadaran di generasi milenial untuk ikut serta menjaga persatuan,” ucap Muhtar.

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa komunikasi di Bandung Raya dan mahasiswa lintas kampus di Bandung Raya, diantaranya Unpad, Uninus, Universitas muhamadiyah, universitas Sanggabuana, Telkom University, International women Universitas, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Institusi Manajemen Koperasi Indonesia, dan organisasi kemahasiswaan. (Red)