Pemkot Bandung Jalin Kerja Sama, Swedia Sodorkan Eksplorasi Bisnis

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai tindak lanjut untuk memperkuat hubungan Indonesia dan Swedia khususnya dalam mempererat kerja sama Wali Kota Bandung Oded M Danial menyambut kedatangan Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Marina Berg di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (30/9/2019).

Selanjutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ingin pererat kerja sama dengan Swedia di bidang sumber daya manusia (SDM), transportasi, publik desain dan lingkungan.

“Mereka membawa pengusaha yang menawarkan untuk meningkatkan hubungan dengan Kota Bandung. Baik dengan G to G (Government to government) atau B to B (business to business),” kata Oded.

Baca Juga:  PPDB Kota Bandung Digelar Online, Begini Mekanismenya

Ia melihat, kedatangan perwakilan Swedia ke Kota Bandung sebagai bentuk keseriusan untuk menguatkan kerja sama.

“Mudah-mudahan kita sebagai pemerintah bisa bersinergi dengan para pengusaha sehingga bisa dimanfaatkan,” lanjutnya.

Sementara itu, Dubes Swedia, Marina Berg menyampaikan, kedatangan ke Kota Bandung untuk mengeksplorasi bisnis.

“Tidak hanya pada kerja sama antara pemerintah, tapi sektor swasta pun ikut andil untuk menyukseskan,” katanya.

Marina mengungkapkan, terdapat empat nilai utama dalam kedatangannya ke Kota Bandung, yakni kemitraan terpercaya, solusi visi jangka panjang, kesempatan memberikan finansial kredit eksportir serta lingkungan hidup berkelanjutan dan lingkungan sosial berkelanjutan.

Baca Juga:  Simak Manfaat Jambu Biji yang Penting Untuk Kesehatan Tubuh

“Kami memberikan kesempatan para perusahaan memperkenalkan berbagai konsep untuk membawa kerja sama ini ke langkah selanjutnya,” ajak Marina.

Dalam pertemuan tersebut, beberapa perusahaan menyampaikan konsep tentang bidang lingkungan, SDM maupun transportasi. Beberapa perwakilan perusahaan asal Swedia (Business Sweden) seperti, ABB, Scania, Ericsson, Volvo, H&M, SKF, Bombardier dan White Architecs.

Baca Juga:  Cegah Arus Balik, Polisi Sekat Ruas Jalan Tol Halau Pemudik ke Jakarta

Di antaranya, fokus kepada Publik Desain seperti di perkotaan yang berkelanjutan. Lalu, efisiensi transportasi baik untuk publik, perkantoran dan sekolah. Ada juga dalam perusahaan garmen dan tekstil, mereka fokus kepada lingkungan, yang apik dalam pengelolaan limbah.

Sebelumnya pada bulan Juli lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan kunjungan ke Swedia, dengan harapan jalinan kerja sama yang konkret demi mendukung program Jabar yang sesuai dengan visi dan solusi yang berkelanjutan. (Red)