Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Purwakarta Titip Pesan untuk Generasi Muda

JABARNEWS | PURWAKARTA – Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan dihati seluruh rakyat Indonesia, bahwasannya Pancasila sebagai ideologi negara tidak akan tergantikan oleh paham apapun, setelah sebelumnya terjadi upaya penggantian ideologi yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Menurut Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, guna menghasilkan anak-anak muda yang bisa berguna, maka perlu mengamalkan apa yang tertuang dalam sila-sila Pancasila. Pasalnya Generasi muda Indonesia merupakan harapan suatu bangsa di masa mendatang.

Baca Juga:  Menurut ESA Kutub Utara dan Selatan Akan Bertukar Posisi, Bahaya Gak Nih?

“Di masa modern seperti saat ini, gadget atau handphone menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan anak muda. Padahal memahami makna Pancasila jauh lebih penting,” ungkap Matrius, saat ditemui di komplek kantor Pemkab Purwakarta, Senin (1/10/2019).

Menurutnya, besarnya negara Indonesia, kuat negara Indonesia karena masyarakatnya mengamalkan butir-butir yang ada pada Pancasila karena itulah Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  HPSN 2020, TNI-Polri di Purwakarta Gelar Aksi Lingkungan

“Karena dengan penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari terhadap diri kita, anak, keluarga dan saudara kita Insya Allah bangsa Indonesia akan tetap berdiri tegar dan Pancasila bisa membuktikan kesaktiannya,” kata Matrius.

Untuk generasi muda, Kapolres berpesan, agar tidak hanya hafal nilai-nilai yang ada pada Pancasila, namun juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  6 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Bandung Barat Positif Covid-19

“Untuk Pemuda Indonesia hidup pada zamannya. Namun, yang harus diingat butir-butir Pancasila bukan untuk dihafalkan, tapi untuk diamalkan. Karena kita tidak akan tahu kata perkata butir itu, tapi kita akan bisa merasakan dan melakukannya karena semua butir dalam Pancasila adalah dasar dasar dari kehidupan, etika, sopan santun dan juga kedamaian suatu bernegara. Selamat hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019,” pungkasnya. (Gin)