bjb

Simak Manfaat Jambu Biji yang Penting Untuk Kesehatan Tubuh

Jambu Biji buah kaya manfaat. (Foto: PingPoint)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Jambu biji (Psidium guajava L) hanya populer ketika penyakit demam berdarah merebak. Padahal, buah yang kaya akan vitamin C ini memiliki banyak khasiat kesehatan yang belum banyak diketahui orang.

Buah jambu batu atau yang biasa dikenal dengan nama buah jambu biji bukanlah jenis buah yang asing bagi banyak orang. Mudah ditemui dimana pun, buah jambu biji memiliki ciri kulit berwarna hijau dengan daging buah berwarna pink.

Tak hanya penampilannya yang menarik untuk dinikmati, buah jambu biji pun memiliki rasa yang sangat nikmat. Rasa manis yang dirasakan pun bukanlah rasa manis yang berlebihan, sehingga kerap kali dijadikan sebagai jenis buah pilihan untuk seseorang yang sangat menyukai makanan manis namun tetap ingin menjaga kesehatan.

Sebelum kamu tertarik untuk segera mencobanya, sebaiknya kenali dahulu beberapa manfaat buah jambu biji untuk kesehatan yang akan dijelaskan secara singkat dilansir popbela yang satu ini!

Menaikkan jumlah trombosit
Seringkah kamu mendengar banyak dokter yang menyarankan penderita demam berdarah untuk meminum banyak jus jambu sebagai langkah cara menyembuhkan? Yup, sepertinya hal tersebut bukanlah saran yang asing lagi. Memang benar bahwa salah satu manfaat buah jambu biji untuk kesehatan adalah menaikkan jumlah trombosit yang turun akibat virus demam berdarah atau virus lainnya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Selain menaikkan jumlah trombosit, manfaat buah jambu biji untuk kesehatan lainnya ialah tubuh semakin sehat dan jarang terserang berbagai penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang semakin meningkat dengan perlahan serta menjaga tubuh agar tetap bugar.

Mengatasi masalah pencernaan
Buah jambu biji memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, itulah mengapa bahwa manfaat buah jambu biji untuk kesehatan lainnya ialah memperlancar bagian pencernaan. Sehingga buat kamu yang sedang bermasalah dengan sembelit atau kesulitan untuk membuang air besar, minum saja jus jambu biji atau kamu dapat memakan buahnya langsung.

Membuat tubuh menjadi rileks
Jarang ada yang tahu, bahwasannya manfaat buah jambu biji untuk kesehatan yaitu mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang sehingga tak mudah diserang rasa stres. Hal tersebut dikarenakan tingginya kandungan magnesium yang terdapat pada buah jambu biji.

Mencegah penyakit kanker
Racun dan sel kanker yang menjadi penyebab tubuh diserang oleh penyakit kanker dapat diatasi dan dicegah dengan banyak mengonsumsi buah jambu biji. Manfaat buah jambu biji untuk kesehatan ini terbukti benar dan dirasakan manfaatnya oleh banyak orang. Tentu saja yang bekerja untuk melakukan detoksifikasi ialah kandungan antioksidannya.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Kandungan kalium pada buah jambu biji menghasilkan manfaat buah jambu biji untuk kesehatan yang satu ini. Bagi penderita tekanan darah tinggi, tubuh sangat membutuhkan kalium sebagai kandungan yang dipercaya dapat menyeimbangkan tekanan darah kembali sehingga tekanan darah yang tinggi menjadi normal.

Mengatasi diabetes
Selain karena rasa manisnya yang tak begitu tajam, penderita diabetes pun dapat mengonsumsinya sebagai pengganti cemilan yang manis. Manfaat buah jambu biji untuk kesehatan berikut ini ialah dapat mengatasi masalah diabetes pada tubuh secara alami jika mengonsumsi buah yang satu ini secara rutin.

Jadi, itulah ketujuh manfaat buah jambu biji untuk kesehatan dari jutaan manfaat yang dapat dirasakan setiap orang ketika rutin mengonsumsi buah jambu biji. Yuk coba dan rasakan manfaatnya! (Red)


Tags : Manfaat Buah Jambu Biji Penyakit Demem Berdarah Jambu Biji Khasiat Kesehatan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi