bjb

Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

Pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024, Selasa (1/10/2019). (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | JAKARTA - Anggota DPR RI periode 2019-2024 resmi dilantik pada Selasa (1/10/2019). Pelantikan anggota DPR RI yang berjumlah 575 itu digelar di Ruang Paripurna I, Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat. 

Sidang paripurna pelantikan tersebut dipimpin oleh pimpinan sementara, Abdul Wahab Dalimunthe (anggota DPR tertua) dan Hillary Brigitta Lasut (anggota DPR termuda).

Pelantikan dimulai pembacaan Keputusan Presiden tentang peresmian keanggotaan DPR RI oleh Sekjen DPR Indra Iskandar. Kemudian 575 wakil rakyat mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

Nama-nama anggota dewan terpilih itu sebelumnya telah ditetapkan KPU pada 31 Agustus 2019.

Baca Juga:

Zefnal Lambert Lilipaly, Menjadi Anggota DPRD Melalui PAW

Kiayi Maman Dipastikan Melenggang Lagi ke Senayan

Namun, sejumlah nama yang telah ditetapkan KPU ditarik oleh partainya. Partai Gerindra menarik lima anggota dewan terpilih dan menggantikannya dengan nama lain. Salah satunya adalah Mulan Jameela yang menggantikan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi untuk Dapil Jawa Barat XI.

Selanjutnya, Katherine menggantikan Yusid Toyib untuk Dapil Kalimantan Barat I, Yan Parmenas Mandenas menggantikan Steven Abraham untuk Dapil Papua, dan Sugiono menggantikan Sigit Ibnugroho Saraspromo untuk Dapil Jawa Tengah I.

Diketahui, dari 575 anggota dewan yang dilantik, beberapa di antaranya merupakan wajah lama di DPR. Mereka ialah Bambang Soesatyo dari Partai Golkar, Fadli Zon dari Gerindra, dan Mardani Ali Sera dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (Odo)



Tags : Pelantikan Anggota DPR RI DPR RI Wakil Rakyat Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Kepala Daerah Ciamis dan Bogor Resmi Dilantik

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi