Baik Buruk Popcorn Yang Penuh Khasiat

JABARNEWS | BANDUNG – Popcorn adalah salah satu camilan yang banyak sekali dikonsumsi oleh masyarakat. beberap kalangan masyarakat, popcorn sendiri sering dianggap sebagai makanan yang tidak sehat. Namun, banyak juga yang tidak acuh dengan pernyataan itu dan tetap mengonsumsi popcorn setiap hari atau saat sedang ingin ngemil.

Kandungan nutrisi popcorn dan manfaatnya

Popcorn sebenarnya sangat sehat asal dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan cara yang benar. Jagung yang diolah dengan cara ini memiliki beberapa nutrisi seperti sumber protein, sumber karbohidrat dan sumber vitamin dan mineral poppcorn ini tetaap jangan di konsumsi berlebih.

Baca Juga:  Buruan Catat! Ini Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024

Tidak bisa dipungkiri lagi, popcorn yang terbuat dari jagung memiliki banyak sekali kandungan serat untuk tubuh. Dengan mengonsumsi 100 gram popcorn saja Anda mendapatkan sekitar 14,5 gram serat yang baik sekali untuk mencegah tubuh mengalami sembelit.

Harus diketahui juga, bahwa popcorn adalah salah satu sumber dari whole-grain yang banyak mengandung nutrisi. Makanan jenis termasuk superfood, mengonsumsi popcorn sama halnya mengonsumsi oat, nasi, atau gandum sehingga bisa digunakan untuk sarapan.

Kriteria popcorn yang tidak sehat

Sebenarnya mengonsumsi popcorn dengan jumlah terbatas tidak akan menyebabkan masalah kesehatan. Namun, kalau terdapat beberapa kriteria di bawah ini bisa jadi popcorn-nya tidak sehat.

Baca Juga:  Dalam Waktu Dekat Istri Ferdy Sambo Dipanggil Komnas HAM

Terlalu banyak menggunakan mentega atau sejenisnya untuk memberikan rasa gurih. Bahan ini sama dengan minyak yang menyuplai banyak sekali lemak. Popcorn yang sehat tidak menggunakan itu dan hanya dimasak di dalam wadah bertekanan tinggi dan juga panas.

Efek samping makan popcorn masih ada dan bisa terjadi pada siapa saja seperti ondisi diabetes kambuh. Popcorn mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. seperti yang kita tahu, seseorang dengan kondisi diabetes, tidak diperkenankan untuk mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak. Kalau penderita diabetes ingin mengonsumsi popcorn, ada baiknya untuk memberi batasan.

Baca Juga:  Medsos Bakal Jadi Sarana Kampanye di Pilkada, Ini Kata Bawaslu Jabar

Peluang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Beberapa jenis popcorn diberi tambahan mentega atau sejenisnya agar memberikan rasa gurih dan juga asin. Kalau Anda mengonsumsi popcorn yang asin dalam jumlah yang banyak, kemungkinan besar akan memicu masalah pada darah.

Nah, popcorn sebenarnya bisa jadi sehat dan tidak sehat kalau Anda mengonsumsinya dengan cara yang berbeda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, popcorn bisa jadi berbahaya kalau mengandung terlalu banyak gula, garam, dan pewarna. Sebaliknya kalau popcorn tidak diberi tambahan itu sama halnya Anda makan jagung. Seberapa sering Anda makan popcorn?(Red)