SMPN 10 Purwakarta Deklarasi Sekolah Ramah Anak

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bekerjasama dengan Bidang Perlindungan Anak (P3A) Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta, Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN) 10 Purwakarta deklarasikan Sekolah Ramah Anak (SRA).

Menurut, Kepala Sekolah SMPN 10 Purwakarta, Neneng M Patimah, deklarasi tersebut untuk memenuhi hak hak perlindungan anak sesuai dengan Undand-Undang Nomor 23 tahun 2003.

“Sekolah ramah anak itu adalah sekolah tidak ada diskriminasi dan tidak ada perbedaan. Kami berusaha memberikan pelayanan karena tugas kami disini memberikan pelayanan kepada anak-anak selama belajar, berharap mereka merasa tenang dan aman bersih dan resik,” ucap Neneng, Senin (1/10/2019).

Baca Juga:  Kasus Pembunuhan Guru di Bandung, Atalia Dorong Trauma Healing Bagi Siswa

Ia menambahkan, sekolah ramah anak perlu adanya dukungan dari semua pihak untuk sama-sama membangun budaya ramah anak khususnya kepada orangtua siswa guru-guru sebagai penyelenggara pendidikan.

“Karena tugas kami adalah membentuk atau menggiring generasi muda untuk menjadi generasi yang kuat mentalnya generasi emas,” ujarnya.

Baca Juga:  Parah! Kasus Kekerasan Anak di Kabupaten Tasikmalaya Naik 143 Persen

Neneng menjelaskan, semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk sekolah, maka sekolah harus memberikan kebahagian bagi guru, siswa, dan semuanya.

“Tidak boleh ada siswa yang tertekan baik secara fisik maupun verbal. Apabila terjadi, harus lapor ke guru, orangtua, kepada kepala sekolah, dan sekolah harus memberikan informasi mengenai pelaporan kepada siswa,” katanya.

Baca Juga:  Ini Kronologi Pendaki Solo Tracking yang Hilang di Bukit Paniisan Bogor

Selain itu tambah Neneng, sekolah harus menjadi potensi yang bisa membuat tumbuh kembang siswa sehingga siswa sehat, cerdas, dan berakhlak. Sekolah harus mampu menjadi model sekolah eduwisata. Guru dan siswa harus bekerjasama menjaga merawat sekolah dengan baik.

“Orangtua dan sekolah harus bekerjasama agar mampu saling berbagi kemanfaatan, semoga sekolah ini bisa terus bertransformasi menjadi sekolah yang terbaik di Purwakarta,” harapnya. (Gin)