bjb

Puan Maharani Jadi Perempuan Pertama Menjabat Ketua DPR RI

Puan Maharani Politisi perempuan PDI Perjuangan. (Foto: Fajar)

JABARNEWS | JAKARTA - Setelah 74 tahun keberadaan DPR RI, kini akan ada figur perempuan pertama yang menjadi ketua DPR RI. Politisi PDI Perjuangan Puan Maharani yang kemungkinan besar akan menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2024 menyatakan akan membuat DPR RI "pecah telur".

"Saya baru akan bicara soal DPR RI, setelah dilantik menjadi Ketua DPR RI," kata Puan Maharani, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa, menjawab pertanyaan wartawan.

Saat itu, wartawan menanyakan soal siapa yang akan ditunjuk dari Fraksi PDI Perjuangan untuk menjadi pimpinan di DPR RI dan MPR RI, serta bagaimana sikap Fraksi PDI Perjuangan dalam menyikapi revisi UU KPK yang dituntut oleh mahasiswa untuk dibatalkan.

Puan menjelaskan, dirinya selama lima tahun terakhir menjadi Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan saat ini baru saja dilantik menjadi anggota DPR RI.

"Saat ini, saya masih menjadi anggota biasa. Nanti setelah dilantik menjadi ketua DPR RI, baru saya akan bicara soal DPR," katanya.

Sementara itu, Pimpinan DPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe mengatakan Rapat Paripurna DPR pada Selasa pukul 19.00 WIB akan menetapkan Puan Maharani sebagai Ketua DPR periode 2019-2024.

"Rapat konsultasi pimpinan DPR sementara dengan wakil partai politik DPR pengganti rapat badan musyawarah telah menetapkan jadwal rapat paripurna dan pimpinan DPR," kata Abdul Wahab ditemui sesuai rapat konsultasi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.
Baca Juga:

Puan Maharani: Pelantikan Presiden Sangat Krusial

Cak Imin Tidak Terlihat Dampingi Puan, Ini Penjelasan PKB


Politisi Partai Demokrat itu mengatakan pemilihan pimpinan DPR periode 2019-2024 berbeda dengan periode sebelumnya. Lima pimpinan DPR, yaitu ketua dan empat wakil ketua, akan dijabat oleh lima besar partai politik pemenang pemilu.

Karena itu, posisi pimpinan akan ditentukan oleh fraksi-fraksi yang memiliki suara lima besar terbanyak di DPR. Masing-masing fraksi sudah menyerahkan nama-nama anggotanya yang akan menjadi pimpinan DPR.

Selain menetapkan pimpinan DPR, rapat paripurna DPR juga mengagendakan pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPR dan pidato perdana ketua DPR definitif.

Sebanyak 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD periode 2019-2024 mengikuti pelantikan yang diadakan di Ruang Sidang Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Pelantikan anggota DPR/DPD/MPR dipimpin Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan tamu undangan lainnya. (Ara)


Tags : Puan Maharani Ketau DPR RI Menko PMK PDI Perjuangan MPR RI Rapat Paripurna DPR Mahkamah Agung KPU RI Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi