bjb

Ridwan Kamil: Batik adalah Warisan Budaya Dunia

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memakai Batik Garuda Kujang Kencana saat bertemu wartawan di Gedung Sate, Rabu (2/9/2019). (Foto: Ryan/JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG - Setiap tanggal 2 Oktober, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Hal itu karena batik telah mendapat pengakuan dunia sebagai warisan budaya dunia.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan baju batik adalah warisan budaya yang menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia dan sudah diakui secara internasional.

"Batik adalah salah satu kebanggaan kita di dunia internasional," kata Emil saat jumpa wartawan di Gedung Sate, Rabu (2/10/2019).

Menurutnya, baju batik harus dikembangkan karena selain sebagai icon juga dapat menarik wisatawan yang harus dilestarikan. Selain itu, batik juga bisa dijadikan sumber pendapatan.

Baca Juga:

Ketua DPRD Jabar: Perda Lansia Akan Dikaji

Emil: Optimistis, Atlet Jabar Bawa Pulang Piala Olympic World Summer Games 2019

"Jenis batik itu banyak. Ini batik yang saya desain sendiri yaitu Garuda Kujang Kencana. Ada juga batik Iron Man yang banyak dijual melalui online. Batik harus dilestarikan tidak hanya memakainya tapi bagi mereka yang bisa mendesain mencipta seperti saya," lanjutnya.

Emil menilai, dalam membuat batik dibutuhkan imajinasi sesuai dengan budaya yang akan menjadi ciri khas dari setiap daerah.

"Ada batas dari imajinasi batik, ada pada imajinasi kita berimajinasi dalam urusan itu lebih mencirikan pada keunikan budaya," pungkasnya. (Rnu)


Tags : Batik Garuda Kujang Kencana Hari Batik Nasional Ridwan Kamil Warisan Budaya Dunia Pemprov Jabar Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Harkonas 2019 Akan Dirayakan Di Jawa Barat

Jabar Masih Menjadi Favorit Para Investor

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi