Pengantin Pesanan Jadi Modus Perdagangan Manusia di Cimahi

Orang tua korban mendapatkan Rp35 juta kepada orang tua wanita yang menjadi target dengan pembayaran awal Rp10 juta

Ilustrasi. (Net)

JABARNEWS | CIMAHI - Kasus penyelundupan manusia merupakan salah satu kejahatan transnasional terorganisir yang semakin meningkat di Indonesia, yang terbaru modus "pengantin pesanan" yakni mencari wanita Indonesia untuk dinikahkan dengan WNA.

Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung berhasil menangkap Shao Dongdong (29), warga negara asing (WNA) asal Republik Rakyat Tiongkok (China) karena terbukti melanggar keimigrasian.

Baca Juga:

Begini Akibatnya Bila Nekat Sebrangi Jalan Tol Purbaleunyi

Belasan Remaja Jadi Korban Perdagangan Manusia di Indramayu



Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Jabar R Ari Budijanto mengatakan, tersangka Shao ternyata juga terlibat dalam dalam tindak pidana penyelundupan orang dengan modus "pengantin pesanan" yakni mencari wanita Indonesia untuk dinikahkan dengan WNA asal China dengan iming-iming uang kepada orang tua perempuan tersebut.

"Dia menjanjikan uang Rp35 juta kepada orang tua wanita yang menjadi target dengan pembayaran awal Rp10 juta. Sementara tersangka sendiri menjual 'paket' (perempuan) itu senilai Rp110 juta ke WNA China untuk dinikahi," kata Ari saat konferensi pers didampingi Kajari Cimahi Harjo di Aula Kajari, Kota Cimahi, Selasa (1/10/2019) dilansir detik.com.

Menurut dia, tersangka Shao ini masuk secara legal ke Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta pada 23 Juni 2019. Meski belum lama berada di Indonesia, tapi Sho sudah menikahi wanita Indonesia dengan prosedur tak sesuai dan dokumen yang dipalsukan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Perdagangan Manusia Human Trafficking Polres Cimahi Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (PTPPO) Pengantin Pesanan Jabarnews Berita Terkini Berita Jawa Barat

berita terkait

Pelaku Curas Terhadap WNA Prancis Diamankan Polisi

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi