bjb
itcbet

Inilah Sejarah Batik yang Harus Diketahui

Ilustrasi proses pembuatan batik (Foto: wajibbaca.com

JABARNEWS | BANDUNG - Tahun ini perayaan Hari Batik Nasional tepat pada hari Rabu, Kementerian Dalam Negeri mengimbau, seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk menggunakan baju batik pada Hari Batik 2 Oktober.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Jawa Barat, awalnya, batik hanya digunakan untuk pakaian raja, keluarga kerajaan, para pekerja di dalam kerajaan. Sejarah pembatikan di Indonesia berkait erat dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa.

Baca Juga:

Nunung Srimulat Hadapi Sidang Perdana Kasus Narkoba

Inilah Tips di Awal Bulan Supaya Hidup Teratur



Kata batik dirangkai dari kata ‘amba’ yang berarti kain yang lebar dan kata ‘tik’ berasal dari kata titik. Artinya, batik merupakan titik-titik yang digambar pada media kain yang lebar sedemikian rupa sehingga menghasilkan pola-pola yang indah.

Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerjaan Solo dan Yogyakarta. Karena pekerja di kerajaan tinggal di luar keraton, mereka sering membawa pekerjaan membatik ke luar kerajaan.
Halaman selanjutnya
Tags : Budaya Batik Batik Asli Indonesia Sejarah Batik Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini.

SEREMONIA

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi