Live Stream Bandung 132 TV


Inilah Sejarah Batik yang Harus Diketahui

Awal mulanya batik hanya diperuntukkan untuk kaum bangsawan atau priyayi tidak untuk masyarakat biasa.

Ilustrasi proses pembuatan batik (Foto: wajibbaca.com

JABARNEWS | BANDUNG - Tahun ini perayaan Hari Batik Nasional tepat pada hari Rabu, Kementerian Dalam Negeri mengimbau, seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk menggunakan baju batik pada Hari Batik 2 Oktober.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Jawa Barat, awalnya, batik hanya digunakan untuk pakaian raja, keluarga kerajaan, para pekerja di dalam kerajaan. Sejarah pembatikan di Indonesia berkait erat dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa.

Baca Juga:

Ini Manfaat Biji Buah Nangka, Diantaranya Bisa Cegah Kanker Dan Diabetes

Video: Kisah Seorang Gadis SMP Rela Jadi Badut Untuk Bantu Ibunya



Kata batik dirangkai dari kata ‘amba’ yang berarti kain yang lebar dan kata ‘tik’ berasal dari kata titik. Artinya, batik merupakan titik-titik yang digambar pada media kain yang lebar sedemikian rupa sehingga menghasilkan pola-pola yang indah.

Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerjaan Solo dan Yogyakarta. Karena pekerja di kerajaan tinggal di luar keraton, mereka sering membawa pekerjaan membatik ke luar kerajaan.

Oleh karena itu, tak lama kemudian banyak masyarakat yang meniru membuat batik. Awalnya, kegiatan membatik ini hanya dikerjakan oleh perempuan saja untuk mengisi waktu senggang lalu berkembang menjadi pekerjaan tetap perempuan pada masa itu.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Budaya Batik Batik Asli Indonesia Sejarah Batik Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini.

berita terkait

Ini Manfaat Mengkonsumsi Ikan Nila, Diantaranya Cegah Penuaan Dini

Tak Mau Keluarga Kalian Diganggu Jin Jahat? Lakukan Cara Ini

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi