aqua

BMKG Prediksi Musim Hujan Mulai November 2019

Energi penggerak hujan masih rendah, jadi curah hujan pun masih rendah.

Ilustrasi musim hujan (Foto: dream.co.id)

JABARNEWS | BANDUNG - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan akan dimulai pada November 2019. Waktu yang sama juga berlaku untuk seluruh Pulau Jawa, Nusa Tenggara Barat dan Timur serta Bali.

Hal tersebut diungkap Kepala Bidang Layanan Informasi Cuaca BMKG Pusat, Ana Oktavia Setiowati, selepas mengisi acara FGD Gerakan Tanah 2019 Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Auditorium Geologi.

Baca Juga:

Rekayasa Cuaca Jadi Pertimbangan Pemrov Jabar Atasi Kekeringan

Terjadi Gempa Bumi Berkekuatan 7,7 SR di Maluku, Tak Berpotensi Tsunami



"Pulau Jawa hampir seluruhnya akan mulai memasuki musim hujan di November-Desember 2019. Sekarang kan angin sudah lebih kencang dan suhu juga lebih dingin. Puncaknya Januari 2020," Rabu (10/2/2019).

Selain itu, berdasarkan analisa BMKG hingga September 2019, mayoritas daerah di Indonesia masih berada pada kondisi curah hujan yang rendah. Kondisi curah hujan menengah baru dialami sebagian kecil daerah meliputi sejumlah daerah di Sumatera Utara seperi Aceh, juga sebagian Papua.

"Sementara pada Desember nanti diperkirakan hampir semua wilayah di Indonesia akan memasuki curah hujan yang tinggi. Kewaspadaan kita sudah harus dimulai," ungkapnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Prediksi Musim Hujan BMKG Musim Hujan 2019 Cuaca Hujan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Suhu 'Gado-Gado' Menyelimuti Wilayah Majalengka

Gempa Bermagnitudo 5,9 SR Guncang Pangandaran

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi