aqua

Direktur PMD: Dana Desa Hak Masyarakat Jangan Dihambat

Dana Desa yang menjadi hak masyarakat desa tidak boleh terhambat.

Direktur PMD M. Fachri & Kadis Prov Sulsel dalam Rapat Kordinasi II Program Inovasi Desa (PID) di Provinsi Sulawesi Selatan TA. 2019, Rabu (2/10/2019). (Foto: Ditjen PPMD)

JABARNEWS | SULSEL - Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Kemendes PDTT, M. Fachri menegaskan, Dana Desa yang menjadi hak masyarakat desa tidak boleh terhambat.

Salah satunya terhambat oleh persoalan administratif yang tidak tertib di Desa, termasuk adanya konflik kepentingan antara Kades dan BPD yang menyebabkan terhambatnya APBDes. Hal demikian harus segera diselesaikan karena akan berdampak pada terhambatnya penyaluran Dana Desa.

Baca Juga:

Direktur PMD Pimpin Rapat Sinkronisasi KN-P3MD dan KN-PID

Direktur PMD: Jadikan Jambore sebagai Sarana Menempa SDM Pendamping Desa



"Lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang disertai kebijakan Dana Desa, menunjukkan bahwa negara benar-benar hadir memenuhi kebutuhan dasar masyarakat desa. Oleh sebab itu, Dana Desa yang menjadi hak mayarakat Desa tidak boleh terhambat," kata M. Fachri dalam Rapat Kordinasi II Program Inovasi Desa (PID) di Provinsi Sulawesi Selatan TA. 2019, Rabu (2/10/2019).

M. Fachri juga menyoroti masalah posisi Kepala Desa yang dewasa ini menjadi sangat seksi. Proses pemilihannya pun semakin kompetitif, bahkan ada yang sampai menggunakan jasa orang pintar, dan sebagainya.

Di beberapa Desa, lanjutnya ditemukan kandidat Kades yang diikuti oleh pasangan suami isteri lantaran aturannya yang tidak memperbolehkan adanya calon tunggal.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Dana Desa Hak Masyarakat Dirjen PPMD Kemendesa PDTT Pemprov Sulawesi Selatan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Direktur PMD: Kawal Dana Desa Agar Sesuai Harapan Masyarakat

DPMdes Dorong Desa Menjadi Mandiri

Program Dana Desa Harus Dalam Pengawasan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi