bjb

IAI Purwakarta: DAGUSIBU Berikan Rasa Aman dalam Penggunakan Obat

Pengurus Cabang (PC) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/Jabernews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Pada anak zaman sekarang, apoteker merupakan profesi yang mungkin kurang poluler. Anak zaman now mungkin lebih sering mendengar profesi youtuber, blogger hingga profesi yang umum seperti polisi, dokter maupun guru.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pengurus Cabang (PC) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Purwakarta, Muhammad Iqbal Tawakal, S.Farm., Apt. saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Kamis (3/10/2019)

Pria yang akrab disapa Iqbal, menyebut profesi apoteker sangat penting di bidang kesehatan. Mereka berperan dalam meracik dan menyiapkan obat hingga meneliti bahan baku baru yang mungkin berpotensi diracik sebagai obat-obatan baru.

"Jadi peran apoteker di dalam kesembuhan pasien, itu ada terkait dalam layanan kesehatan. Tidak bisa dipisah-pisah. Mau di puskesmas, mau di rumah sakit atau pun di komunitas lain seperti apotek dan klinik," ujarnya.

Untuk mengenalkan anak-anak dengan profesi apoteker, lanjut dia, PC IAI Kabupaten Purwakarta akan menggelar Program Apoteker Cilik (Apocil) dengan memberikan edukasi terkait obat ke pelajar tingkat Sekolah Dasar.

"Dalam rangka memperingati World Pharmacists Day (WPD) atau Hari Apoteker Sedunia yang jatuh pada tanggal 25 September 2019, PC IAI Kabupaten Purwakarta rencananya akan menyelenggarakan kegiatan edukasi. Kegiatan ini mengenalkan profesi apoteker dan obat- obat kepada siswa Sekolah Dasar (SD) yakni kelas 5 serentak di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga menyebutkan, apoteker yang berpraktik di apotek, Puskesmas ataupun Rumah Sakit memasang spanduk atau banner untuk memperingati World Pharmacists Day mulai tgl 25 September 2019 hingga 25 Desember 2019.

"Kegiatan itu, nantinya akan menjadi salah satu bentuk kontribusi dalam rangka menyukseskan rangkaian kegiatan World Pharmacists Day. Dimana pada tahun 2019, topik Hari Apoteker Sedunia di Indonesia yakni obat-obatan yang aman dan efektif untuk semua," katanya.

Sesuai tema yang diangkat pada tahun 2019 ini, lanjut Iqbal, pihaknya juga akan melakukan kampanye kesehatan cerdas dalam penggunaan obat dengan metode DAGUSIBU (DApat GUnakan SImpan BUang) obat dengan benar yang dilakukan oleh para apoteker yang ada di Kabupaten Purwakarta.

"Pemberian edukasi ini dilakukan kepada kelompok maupun perorangan dimana para apoteker langsung menghampiri pasien atau keluarga pasien dengan mengenalkan dan mempublikasikan profesi apoteker kepada masyarakat, Memberikan edukasi tentang penggunaan obat yang benar sebagai bentuk pengabdian apoteker ke masyarakat," pungkasnya. (Gin)


Tags : Apoteker Hari Farmasi Peran Apoteker Ikatan Apoteker Indonesia Purwakarta Edukasi Kesehatan Purwakarta Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi