Ibu Negara Ajak Wanita Cirebon Tes IVA

JABARNEWS | CIREBON – Kanker serviks adalah jenis kanker yang kerap kali menyerang wanita. Meski termasuk ganas, kanker yang berkembang di leher rahim ini sebenarnya dapat dicegah dan dideteksi sejak dini. Tentunya, hal ini dapat meningkatkan peluang kesembuhan. Saat ini, ada beberapa cara untuk mendeteksi kanker serviks, yaitu dengan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA).

Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan para istri menteri mengampanyekan pentingnya Inspeksi Visual Asetat (IVA) untuk deteksi dini kanker serviks kepada para perempuan pekerja di PT Embee, Kabupaten Cirebon Kamis (3/10/2019).

Baca Juga:  Facebook Dan Tirto Kerja Sama Lawan Hoaks

Dalam kegiatan sosialisasi itu, Ibu Negara mengingatkan pentingnya pemeriksaan IVA untuk pencegahan kanker serviks.

“Pemeriksaan IVA itu tidak sakit, maka untuk mencegah kanker serviks harus mengikuti,” katanya.

Ibu Negara juga memberikan beberapa pertanyaan kepada para perempuan pekerja terkait pemeriksaan IVA dan memberikan hadiah kepada pekerja yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.

Baca Juga:  Jalan Tol Kiaracondong Segera Dibangun

Di PT Embee, pemeriksaan IVA untuk para perempuan pekerja dilakukan sejak 30 September sampai dengan 4 Oktober 2019. Pemeriksaan diikuti oleh 1.024 perempuan pekerja.

Selama berada di Cirebon, Ibu Negara juga meninjau pendidikan anak usia dini dan mengampanyekan pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir kepada anak-anak.

Baca Juga:  Piala Dunia 2018: Pelatih Jepang Pilih Pemain Berpengalaman

Di samping itu, Ibu Negara akan menyampaikan sosialisasi mengenai upaya pencegahan kekerdilan pada anak kepada kader posyandu, guru pendidikan anak usia dini, dan aparat organisasi perangkat daerah terkait.

Tes IVA adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama. Jika dibandingkan dengan pap smear, tes IVA cenderung lebih murah karena pemeriksaan dan hasil diolah langsung, tanpa harus menunggu hasil laboratorium. (Ara)