aqua

Bunga Raflesia Tumbuh Mekar di Kebun Raya Bogor

LIPI kenalkan dua tumbuhan langka yang berhasil ditumbuhkan di Kebun Raya Bogor. Keduanya ialah Amorphophallus Gigas dan Rafflesia Patma

Bunga bangkai dengan nama latin Rafflesia Patma tumbuh di Kebun Raya Bogor. (Foto: Natgeo)

JABARNEWS | BOGOR - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kota Bogor, Jawa Barat memperkenalkan dua tumbuhan langka yang berhasil ditumbuhkan di Kebun Raya Bogor. Ini capaian luar biasa karena tumbuhan tersebut bisa hidup di luar habitat aslinya. Keduanya ialah Amorphophallus Gigas dan Rafflesia Patma atau biasa disebut bunga bangkai kembali tumbuh mekar.

Humas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Bogor, Ayi Doni Darussalam menyebutkan bahwa khusus untuk Bunga Rafflesia, jika dihitung intensitas pertumbuhannya sudah mencapai 16 kali mekar dalam 10 tahun terakhir. Kamis (3/10/2019)

Baca Juga:

Momen Langka! Bunga Bangkai Raksasa Mekar di Kebun Raya Cibodas

Adanya Suara Dentuman Misterius, Ini Penjelasan LIPI



"Dua tanaman langka kembali tumbuh mekar. Tahun ini adalah tahun yang spesial karena Bunga Rafflesia kembali mekar untuk ke-16 kalinya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir," ujar pria yang akrab disapa Doni itu.

Sedangkan Amorphophallus Gigas pertama kali ditanam di Kebun Raya Bogor pada tanggal 4 Januari 2007. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar dua meter dan dapat mekar sempurna selama satu hari. Tapi, bunga gigas masih bisa bertahan dalam kurun waktu empat hari.

Tanaman asal Padang Sidempuan, Sumatra Barat itu menurut Doni tumbuh di tanah yang gembur atau berpori-pori dengan asupan air yang cukup. Sebab, jika air yang masuk ke akar gigas terlalu berlebihan maka umbi bakal membusuk.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Kebun Raya Bogor LIPI Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Bunga Raflesia Bogor Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Banyak Ular Kobra Muncul di Musim Hujan, Ini Penjelasan LIPI

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi