Lomba Desain Ibu Kota Baru Tunjuk Kang Emil Jadi Jurinya

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawabarat Ridwan Kamil, ditunjuk langsung oleh Menteri Pekerja Umum Basuki Hadimuljono untuk menjadi salah satu juri perlombaan desain ibu kota baru Indoneia.

“Enggak tahu ditelepon saja, siap penugasan ini. Itu ditelepon melalui PUPR. Ini desain (ibu kota RI yang baru) katanya ada sembilan orang tapi enggak tahu siapa aja dan yang gubernur baru saya mungkin karena profesi (sebagai insinyur),” ujar kang Emil, Kamis (03/10/2019).

Baca Juga:  Ini Pesan Kepala Kemenag Kabupaten Purwakarta Pada 1 Muharram 1442 H

Kemudian, menurut Gubernur Jawa Barat yang kerap di panggil kang Emil ini, semua konsep desain terbaik sedunia harus ada di kota baru itu, agar menjadi ibu kota terbaik sedunia. Karena pembuatan ibu kota dari nol, konteks sejarah, kota dunia itu kota harus humanis.

Baca Juga:  Soal Perpanjangan PPKM Darurat, Satgas Covid-19 Kota Bandung: Kita Tidak Akan Gagap

“Jaraknya dekat, sehingga orang jalan kaki mengurangi mobil dan motor, bangunannya go green, ramah lingkungan tidak seperti perkotaan sekarang.” Terang kang Emil.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Kagum dengan Nenek Kinah, Lansia yang Dibacok Anak Sendiri

Selain itu, Emil menuturkan pola pembangunan juga mesti terukur agar kondisi perkotaan tak terlalu padat dan sesak. Jadi, sebuah ibu kota ini harus humanis. Kemudian kepadatan harus cukup tidak padat bikin sesak dan tidak jauh hanya menguras transportasi. (Ara)